Pasar Kebayoran Lama ditutup selama tiga hari mulai Kamis ini

id Pasar kebayoran lama, jakarta selatan, pd pasar jaya, covid-19, pasar kebayoran lama ditutup, pmi, disinfektan, ganjil genap

Pasar Kebayoran Lama ditutup selama tiga hari mulai Kamis ini

Petugas di Posko PSBB Pasar Kebayoran Lama memberikan masker kepada seorang anak yang sedang melintas, sesuai aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mewajibkan setiap orang menggenakan masker saat berada di luar ruangan, Jumat (22/5/2020) (ANTARA/HO-Camat Kebayoran Lama)

Jakarta (ANTARA) - Perusahaan Daerah (PD) Pasar Jaya menutup sementara Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan selama tiga hari terhitung mulai Kamis 18 Juni sampai dengan 20 Juni 2020 dalam rangka sterilisasi dan melengkapi protokol kesehatan mencegah penularan COVID-19.

Penutupan Pasar Kebayoran Lama tersebut disampaikan melalui surat edaran yang dikeluarkan oleh Perumda Jaya yang disampaikan kepada para pedagang pasar sejak beberapa hari lalu.

Wakil Camat Kebayoran Lama Sidik Rayanta mengatakan, Kamis, penutupan Pasar Kebayoran Lama direncanakan mulai pukul 08.30 WIB.

"Rencananya jam 8.30 udah ditutup, karena jam 9 akan dilakukan penyemprotan disinfektan oleh PMI," kata Sidik.

Baca juga: Pedagang dan pembeli Pasar Kebayoran Lama kena sanksi PSBB

Menurut Sidik, sebelumnya telah dilaksanakan uji usap (swab test) terhadap 75 pedagang dan pembeli di Pasar Kebayoran Lama beberapa pekan lalu.

Dari hasil pemeriksaan tersebut data per Rabu (17/6) diperoleh hasil sebanyak 14 orang dinyatakan positif. Kebanyakan pedagang yang positif berusia di atas 45 tahun.

Baca juga: Kemacetan di depan Pasar Kebayoran Lama karena warga belanja sembako

Sigit menambahkan, rencana penutupan Pasar Kebayoran Lama sudah disosialisasikan oleh Perumda Pasar Jaya berkoordinasi dengan lurah setempat serta Satpol PP.

Sehari sebelum penutupan diberlakukan, sejumlah pedagang masih tampak berjualan di luar pasar terutama pasar tumpah.

Menurut Sigit, di Pasar Kebayoran Lama terbagi dua, pasar yang di bawah koordinasi Perumda Pasar Jaya di dalam kios, dan pedagang pasar tumpah yang berada di luar kios.

Baca juga: Lalulintas depan Pasar Kebayoran Lama kembali lancar

Sementara itu, Perumda Pasar Jaya sudah menghentikan kontak listrik di pasar dan para pedagang sudah menutup kios-kiosnya sebelum dilakukan strerilisasi pagi ini.

"Penutupan ini berlaku juga untuk pedagang pasar tumpah, ini kita imbau pedagang mematuhi supaya COVID-19 ini bisa kita cegah sama-sama," kata Sigit.

Setelah penutupan selama tiga hari ke depan, aktivitas Pasar Kebayoran Lama akan dibuka kembali dengan menerapkan sistem ganji genap yakni kios nomor genap buka di tanggal genap dan toko nomor ganjil buka di tanggal ganjil.

Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar