Teknologi dan inovasi harus semakin digiatkan untuk meningkatkan produktivitas
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan peringatan Hari Krida Pertanian yang jatuh pada 21 Juni 2020 menjadi momentum bergesernya pola pertanian tradisional menuju pertanian modern.

Menurut Mentan, pertanian tidak lagi menggunakan cara konvensional dengan pola tradisional, namun mengandalkan inovasi dan teknologi infrormasi sebagai pendukung produktivitas.

"Untuk itu, teknologi dan inovasi harus semakin digiatkan untuk meningkatkan produktivitas, pelibatan generasi muda dan start up, efisiensi tenaga kerja, dan perluasan pasar bagi industri serta ekspor," kata Mentan dalam suasana peringatan Hari Krida Pertanian di Jakarta, Minggu.

Mentan pun mengajak para petani dan masyarakat untuk terus membangun optimisme pada pertanian, di mana sektor ini tidak boleh berhenti berproduksi, terutama untuk memenuhi gizi dan pangan di masa pandemi.

Syahrul menjelaskan pandemi COVID-19 yang telah melanda dunia tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan, tapi juga sosial ekonomi. Dimensi sosial dan ekonomi masyarakat pun turut bersinggungan dengan ketahanan pangan.

Menurut dia, roda pertanian harus terus bergerak demi terpenuhinya kebutuhan pangan masyarakat. Untuk pemenuhan itu, peningkatan produksi menjadi sebuah kewajiban dalam menghadapi tatanan kehidupan baru.

"Sektor lain penting, namun pangan paling utama. Apalagi di masa pandemi ini, kita merasakan sekali, butuh pangan sehat, pangan yang cukup. Gizi yang seimbang dan menyehatkan," kata Syahrul.

Pemerintah melalui Kementerian Pertanian secara cepat melakukan realokasi anggaran senilai Rp1,85 triliun yang dialokasikan untuk bantuan benih/bibit, program padat karya, stabilisasi stok dan harga pangan, serta distribusi dan transportasi pangan. Selain itu, pemerintah sudah menyiapkan skema bantuan untuk petani, baik KUR maupun asuransi pertanian.

Saat ini produktivitas sejumlah komoditas strategis tidak menunjukkan perlambatan dengan stok beras nasional diperkirakan hingga akhir Juni diperkirakan mencapai 7,49 juta ton.

Antisipasi kemarau panjang juga dilakukan dengan mendorong percepatan tanam padi seluas 5,6 juta hektare pada musim tanam kedua di 33 provinsi.

Begitu pula perluasan areal tanam baru (PATB) tidak hanya dilakukan untuk padi, tetapi juga jagung, bawang merah, dan cabai. PATB difokuskan untuk daerah-daerah yang mengalami defisit pangan. Produksi gula, daging sapi, dan bawang putih juga ditingkatkan untuk mengurangi impor.

Baca juga: Mentan minta petani muda lakukan pendekatan baru pertanian modern
Baca juga: Menteri Pertanian dorong gerakan percepatan tanam di semua daerah

 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020