Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Aziz Syamsuddin dan Sufmi Dasco Ahmad menemui perwakilan pendemo Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) di lantai 4 Gedung Nusantara 3, Kompleks Parlemen RI Senayan, Jakarta, Rabu.

Pantauan di lokasi, perwakilan pendemo bersedia pindah tempat pertemuan ke lokasi yang ditentukan Pimpinan DPR RI.

Mereka bergerak dari lokasi pertemuan semula dengan perwakilan anggota DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pukul 15.19 WIB menuju ke Gedung Nusantara 3.

Baca juga: Perwakilan DPR temui perwakilan pendemo RUU HIP

Sementara itu, Pimpinan DPR RI Azis Syamsuddin dan Sufmi Dasco Ahmad masuk ke ruang pertemuan pukul 15.40 WIB.

Hingga kini pertemuan masih berlangsung secara tertutup.

Sebelumnya Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI Jazuli Juwaini menemui perwakilan pendemo Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) bersama perwakilan anggota DPR lainnya.

Jazuli menyampaikan bahwa dirinya bersama anggota Badan Legislasi DPR RI berinisiatif menemui pendemo lebih dulu sebelum Pimpinan DPR RI.

"Kami menemui ini bukan ingin merebut panggung pimpinan DPR, tapi kami menerima ini untuk menunggu tamu-tamu ini, para ulama dan habaib tidak lama-lama menunggu. Supaya mereka ada yang menyapa," kata Jazuli di Ruang Rapat KK 2 Kompleks Parlemen RI, Senayan, Jakarta, Rabu.

Namun, pimpinan rombongan perwakilan pendemo Yusuf Martak menilai pertemuan itu tidak bisa diwakilkan oleh satu Fraksi DPR saja.

Baca juga: Massa aksi demo RUU HIP padat, Jalan Gatot Subroto arah Slipi ditutup

Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Ulama itu mengatakan mereka sangat menantikan perwakilan Pimpinan DPR serta mendapat pencerahan dari Baleg DPR RI tentang siapa pengusul RUU HIP itu untuk diproses hukum.

Akhirnya dalam pertemuan itu disepakati, untuk menunggu Pimpinan DPR RI sampai datang.

Selain Yusuf Martak, perwakilan pendemo juga diwakili oleh Ketua Umum Persaudaraan Alumni (PA) 212, Ustadz Slamet Ma'arif, Ketua Umum FPI Ahmad Sobri Lubis, perwakilan Pemuda Pancasila, dan perwakilan FBR.

Sementara Jazuli Juwaini diwakili oleh Anggota Badan Legislasi DPR RI Buchori Yusuf, dan Anggota Baleg DPR RI dari Fraksi PAN M. Ali Taher, serta Anggota Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera.

Pada pukul 15.19, Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini mengumumkan bahwa pimpinan DPR bersedia bertemu namun ruang pertemuan dipindah ke Gedung Nusantara 3 lantai 4.

"Mohon maaf, pertemuan dengan Pimpinan DPR dipindah ke Gedung Nusantara 3 Lantai 4," ucap Jazuli.

Baca juga: Tunda RUU HIP, Pemerintah beri kesempatan DPR serap aspirasi

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2020