Kita tahu Yogya dan Solo adalah rangkaian Borobudur, salah satu dari Bali baru
Solo (ANTARA) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau kesiapan transportasi antarmoda yang menghubungkan Yogyakarta dengan Solo di Jawa Tengah.

"Kita tahu Yogya dan Solo adalah rangkaian Borobudur, salah satu dari Bali baru," katanya pada saat meninjau kesiapan Stasiun Solobalapan di Solo, Jumat.

Ia mengatakan salah satu moda transportasi yang menghubungkan dua kota tersebut, yaitu kereta api. Selain itu, nantinya juga akan ada kereta api yang menghubungkan hingga ke Yogyakarta International Airport (YIA).

"Tetapi ini targetnya baru beroperasi tahun 2021," katanya.

Selain itu, Menhub juga menilai kesiapan normal baru di bandara YIA dan Adi Soemarmo juga berjalan dengan baik dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Sementara itu, Terminal Tirtonadi juga tidak lepas dari pantauan Kementerian Perhubungan. Menurut dia, salah satu keistimewaan Solo adalah Stasiun Solobalapan yang letaknya berdekatan dengan Terminal Tirtonadi.

Ia mengatakan selain tetap berfungsi sebagai terminal, nantinya akan dibangun hall di terminal tersebut dengan kapasitas 2.000 orang.

"Selain itu, kami juga akan menjadikannya sebagai sport center. Kami juga akan memfungsikannya sebagai pusat kegiatan anak muda. Untuk pembangunannya mulai bulan depan," katanya.

Selain meninjau kesiapan Stasiun Solobalapan, kedatangan Budi Karya Sumadi juga untuk meninjau Terminal Tirtonadi, Bandara Adi Soemarmo, Stasiun Klaten, dan Yogyakarta.

Baca juga: KA Wijayakusuma Cilacap-Yogyakarta-Solo meluncur
Baca juga: PUPR bangun jalan layang atasi kemacetan perlintasan sebidang kereta
Baca juga: KAI garap proyek KRL Solo-Yogyakarta

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020