London (ANTARA News) - Dubes RI di Warsawa Hazairin Pohan mengelar promosi terpadu perdagangan, investasi, parawisata dan budaya di kota Zywiec, penghasil minuman bir terbesar di Polandia.

Counsellor Any Muryani, juru bicara KBRI Warsawa kepada koresponden Antara London, Kamis mengatakan kegiatan promosi itu menghasilkan beberapa program kerjasama baru dalam mengisi hubungan bilateral RI-Polandia.

Dikatakannya Walikota Zywiec dalam pertemuan dengan Dubes RI Warsawa menyatakan bahwa ia sangat berminat menjalin kerjasama dengan Indonesia.

Promosi yang diadakan bersamaan dengan kunjungan Kelompok Budaya dari Universitas Pelita Harapan yang mengikuti Festival 46th Beskidy Highlanders Week of Culture dan berhasil memperoleh special awards.

Dubes Hazairin Pohan menjadi pembicara tunggal dalam forum ekonomi bertema "Peningkatan Kerjasama Bilateral RI-Polandia" yang diadakan di aula Kantor Walikota hadir sekitar 100 pengusaha, pejabat pemerintah daerah dan anggota parlemen.

Dalam pertemuan terungkap berbagai potensi dalam mengisi kerjasama ekonomi bilateral, terutama di bidang machine-building, dairy-product, dan energi serta peluang investasi di bidang pertanian dan peternakan.

Disepakati pertemuan akan ditindaklanjuti kalangan usahawan untuk memetakan secara konkrit bidang kerjasama yang akan dikembangkan dan kemungkinan pengiriman delegasi dagang ke Indonesia.

Para pengusaha asal Zywiec menyatakan tertarik untuk mengadakan kunjungan usaha ke Indonesia, yang direncanakan awal tahun 2010.

Dalam kesempatan itu Walikota Zywiec menyambut gagasan Dubes untuk mengembangkan kerjasama sosial budaya melalui "sister-city" dengan kota di Indonesia yang memiliki karakteristik sosio-ekonomi sama dengan Zywiec, dan mengirim tim keseniannya untuk mengikuti festival budaya di Indonesia.


Putri Dinasti Habsburg

Dalam acara promosi terpadu tersebut juga digelar demo masak oleh anggota DWP KBRI Warsawa menampilkan cara membuat nasi goreng, sate ayam, gado-gado dan es teler.

Tidak kurang dari 100 undangan mengikuti acara demo masak termasuk Putri dari dinasti Habsburg, Maria Krystyna yang turut mencicipi masakan yang disajikan.

Puteri Maria Krystyna yang berusia 85 tahun itu merupakan tokoh yang sangat dihormati di Polandia menyatakan kekagum atas masakan Indonesia yang rasanya lezat.

Promosi Indonesia di kota Zywiec dilanjutkan dengan konser bersama di gedung Pusat Kebudayaan Zywiec yang berkapasitas 350 orang dengan penampilan Warsaw Gamelan Group pimpinan Soegijanto.

Sementara Tim kesenian Zywiec diperkuat sekitar 100 artis menampilkan tarian dan musik eksotik tradisional Polandia, brass-band dan tarian modern Amerika Latin.

Gedung berkapasitas 350 orang tidak mampu menampung minat pengunjung menantikan acara yang mendapat publikasi gencar mengenai malam budaya Indonesia.

Menurut Any Muryani, acara promosi dilanjutkan dengan digelarnya Festival Film Indonesian yang berlangsung di beberapa kota seperti Białystok, Gdynia, Konin, Krakow, Łodż, Poznań, Szczecin, Toruń, Warszawa, dan Wrocław.

Festival Film Indonesia ke-2 yang berlangsung hingga 25 Okrober menampilkan film Laskar Pelangi, Angkerbatu, Photography, Kala, Nagabonar 2, dan Karma. (*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009