Gunung Rushmore (ANTARA) - Presiden Donald Trump mencerca gerombolan yang mencoba merobohkan patung-patung pemimpin Konfederasi dan tokoh sejarah lain, serta menyebut pengunjuk rasa berusaha menghapus sejarah Amerika Serikat.

Ketika pada Jumat (3/7) berbicara di Mount Rushmore, yang terkenal dengan pahatan empat mantan presiden AS,  Trump memperingatkan bahwa aksi unjuk rasa atas kesenjangan ras di kalangan masyarakat Amerika telah mengancam fondasi sistem politik AS.

"Jangan salah, revolusi budaya sayap kiri ini dirancang untuk menggulingkan revolusi Amerika. Anak-anak kita diajari di sekolah untuk membenci negara mereka sendiri," kata Trump dalam acara peringatan Hari Kemerdekaan AS.

Acara itu dipadati sekitar 7.500 orang, yang banyak di antaranya tidak memakai masker dan melanggar imbauan pejabat kesehatan setempat untuk menghindari pertemuan besar guna memperlambat penyebaran COVID-19.

Dalam kerusuhan nasional setelah kematian George Floyd, seorang pria kulit hitam yang meninggal dalam tahanan polisi di Minneapolis, pengunjuk rasa di beberapa kota telah merusak patung-patung para jenderal Konfederasi yang memimpin pemberontakan terhadap pemerintah AS selama perang saudara tahun 1861-1865.

Para pengunjuk rasa dalam satu kesempatan gagal merobohkan patung Presiden AS Andrew Jackson, yang terletak di luar Gedung Putih. Jackson, yang dikenal karena kebijakan populisnya, memiliki budak dan membuat ribuan penduduk asli Amerika terusir dari tanah mereka.

Baca juga: Kendati dikritik, Trump rayakan Hari Kemerdekaan AS di Gunung Rushmore

Baca juga: Demonstran gagal jatuhkan patung Andrew Jackson dekat Gedung Putih


"Massa yang marah mencoba merobohkan patung-patung pendiri kita, merusak tugu peringatan yang paling suci, dan melepaskan gelombang kejahatan dengan kekerasan di kota-kota kita," kata Trump.

Trump telah menentang usulan untuk mengganti nama pangkalan militer AS yang berasal dari nama salah satu jenderal Konfederasi. Ia menjanjikan hukuman keras bagi orang yang merusak patung.

Acara di Mount Rushmore bukan merupakan kampanye resmi. Tetapi, pernyataan Trump menyentuh tema kampanye utama yang dimaksudkan untuk memperkuat basis politiknya menjelang pemilihan 3 November mendatang.

"Ada fasisme paling kiri baru yang menuntut kesetiaan absolut. Jika Anda tidak berbicara bahasa, melakukan ritual, melafalkan mantra-mantra, dan mengikuti perintah-perintahnya maka Anda akan disensor, dibuang, dimasukkan dalam daftar hitam, dianiaya, dan dihukum. Tidak akan terjadi pada kita," kata Trump.

Baca juga: Patung jenderal Konfederasi digulingkan, Trump sebut sebagai aib

Sementara itu, sejumlah penduduk asli Amerika yang berunjuk rasa ditangkap setelah memblokir jalan menuju Mount Rushmore di Dakota Selatan, menurut video yang disiarkan langsung di media sosial.

Mereka mengkritik kunjungan Trump karena meningkatkan risiko penyebaran COVID-19 dan merayakan kemerdekaan AS di wilayah yang dianggap suci bagi mereka.

Acara itu diselenggarakan ketika tujuh negara bagian AS mencatat rekor jumlah kasus baru COVID-19, yang telah menjangkau lingkaran dalam Trump.

Kimberly Guilfoyle, pejabat senior kampanye sekaligus pacar Donald Trump Jr, putra Trump, sebelum acara dinyatakan positif COVID-19 di Dakota Selatan, dan Trump Jr dinyatakan negatif corona.

Presiden Trump akan mengadakan perayaan lain tepat pada Sabtu, 4 Juli, di Washington.

Sumber: Reuters

Baca juga: Trump tolak turunkan patung Theodore Roosevelt di New York
​​​​​​​
Baca juga: Pecahan 20 dolar AS akan bergambar Harriet Tubman
​​​​​​​
 

 

Peringati Hari Kemerdekaan Gubernur Kalsel pimpin pawai 3000 motor

Penerjemah: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2020