Jakarta (ANTARA) - Tidak lama lagi, pengguna jam tangan pintar (smartwatch) bisa menikmati pengalaman video dan fotografi dengan kamera 16 megapiksel melalui perangkat di pergelangan tangan mereka berkat platform baru Snapdragon Wear 4100+ yang diluncurkan Qualcomm baru-baru ini.

Platform Snapdragon Wear 4100+ didasarkan pada pendekatan hybrid dan mencakup System-on-Chip (SoC) yang super cepat, co-processor Always On (AON) yang lebih cerdas, dan peningkatan substansial dalam daya platform berdasarkan teknologi pemrosesan 12nm.

Snapdragon Wear 4100+ dirancang untuk memberikan kinerja lebih dari 85 persen lebih cepat, dibandingkan Snapdragon Wear 3100, dan meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan dengan peluncuran aplikasi yang lebih cepat, case penggunaan bersamaan, UX (user experience) yang lebih halus dan responsif, dan pengalaman foto serta video yang lebih kaya.

"Kami sangat senang berada di garis depan segmen wearable cepat yang dapat bergerak cepat," kata Pankaj Kedia, kepala bisnis global segmen perangkat pintar yang dapat dipakai di Qualcomm Technologies, Inc, dalam pernyataan resmi dikutip Minggu.

Baca juga: Qualcomm luncurkan chipset 5G Snapdragon 768G

Baca juga: Dibalik kecanggihan kamera ponsel


Snapdragon Wear 4100+ menawarkan kinerja dan konektivitas super-cepat. SoC pada platform ini terdiri dari prosesor A53 quad-core, pemrosesan grafis Qualcomm® Adreno ™ 504, memori LPDDR3 (750MHz) yang lebih cepat, dan dua ISP (image signal processors) dengan dukungan kamera hingga 16 megapiksel.

Mode 4G LTE, berdasarkan pada teknologi proses 12nm, telah meningkat secara signifikan dari platform Qualcomm sebelumnya dengan DSP (digital signal processors) khusus, fitur-fitur berdaya rendah seperti eDRX, manajemen daya level platform, dukungan untuk Cat 4/3/1 dan antena tunggal/ganda.

Smart-Always-On (AON) co-processor pada platform ini mendukung pengalaman yang lebih kaya, memiliki memori dan kinerja yang dipartisi untuk memungkinkan hingga 64 ribu warna (dari 16 warna) dan memperpanjang pengalaman pemuatan untuk menyertakan pemantauan detak jantung dan tidur, responsif tilt-to-wake yang lebih cepat, penghitungan langkah, alarm, pengatur waktu, dan haptics untuk mode jam yang lebih mumpuni.

"Perangkat tambahan ini membantu pelanggan kami untuk menghadirkan pengalaman yang kaya dan ditingkatkan di seluruh mode interaktif, ambient, sport, dan jam," kata Qualcomm.

Perangkat pertama yang akan menggunakan platfrom wearable terbaru Qualcomm ini antara lain jam tangan Suunto dan imoo yang populer di kalangan anak-anak. Jam pintar imoo dengan Snapdragon Wear 4100+ akan hadir dalam sebulan ke depan.

Baca juga: 16 smartphone berprosesor canggih Qualcomm Snapdragon 865

Baca juga: Realme X50 Pro 5G pakai Snapdragon 865

Baca juga: Xiaomi Mi 10 akan dibekali Snapdragon 865

Pewarta: Suryanto
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020