Jakarta (ANTARA) - OPPO A92 menyematkan fitur Payment Protection di perangkatnya untuk melindungi data-data pengguna saat sedang bertransaksi online.

Fitur ini pun dilengkapi dengan fasilitas Environment Security.

Melalui keterangan yang diterima ANTARA, Minggu, ketika pengguna tengah berbelanja daring atau melakukan transaksi pembayaran, maka Payment Protection ini akan memberikan perlindungan otomatis saat bertransaksi dari perangkat.

Pelindung transaksi pembayaran daring ini akan mendeteksi keamanan sistem, captcha, dan aplikasi e-commerce yang dipakai oleh pengguna.

Sebagai contoh, ketika pengguna OPPO A92 membuka aplikasi perbankan di ponselnya, maka fitur ini secara otomatis akan memindai smartphone dari berbagai kemungkinan malware.

Baca juga: Ada fitur Kid Space dan Parental Controls di OPPO A92

Baca juga: OPPO A92 hadir dengan varian warna Aurora Purple


Melengkapi fitur Payment Protection, OPPO A92 juga memiliki Secure Keyboard. Fitur keyboard virtual ini akan mencegah adanya perekaman input teks atau angka yang dilakukan oleh malware, sekaligus mencegah pengiriman data melalui koneksi internet.

Dengan fitur itu, pengguna akan aman terhadap berbagai ancaman malware dengan teknik keylogger atau merekam setiap pengetikan tombol keyboard.

Untuk mengetahui aplikasi telah terlindungi, pengguna akan melihat pemberitahuan berwarna biru yang berbunyi “Secure Payment” di bagian atas layar.

Perangkat nantinya akan mengetahui aplikasi yang membutuhkan perlindungan saat pembayaran dan akan diaktifkan secara default.

Untuk memastikan fitur tersebut telah aktif, pengguna dapat mengecek dari menu Settings - Security lalu pilih Payment Protection.

Selain itu, OPPO juga memberikan sejumlah tips untuk melakukan transaksi dan pembayaran secara daring. Berikut ulasannya:
  • Pastikan pengguna menggunakan username dan password untuk transaksi, berbeda dengan akun lain
  • Membuat password yang sulit ditebak
  • Selalu mengganti password secara berkala
  • Mengunduh aplikasi dari sumber yang terpercaya, yaitu official Google Play
  • Memeriksa histori transaksi secara rutin
  • Menghindari transaksi dengan menggunakan koneksi Wi-Fi publik atau perangkat yang dipakai khalayak umum
  • Melakukan log out atau keluar dari aplikasi setelah selesai transaksi
Baca juga: ColorOS rilis versi beta Android 11 di seri Oppo Find X2

Baca juga: Kolaborasi Oppo-Disney Pixar dalam game VR "Be A Greater You"

Baca juga: Jelang normal baru, ini kesiapan OPPO Indonesia

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020