Jakarta (ANTARA) - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah saat menyambut kepulangan tenaga kerja Indonesia (TKI) yang lolos dari hukuman mati di Arab Saudi, menegaskan bahwa pemerintah akan terus melakukan advokasi untuk membebaskan TKI lain yang mengalami nasib serupa.

Etty binti Toyib adalah TKI yang lolos dari hukuman mati karena dituduh meracuni majikannya di Arab Saudi setelah membayar tebusan sebesar 4 juta riyal atau sekitar Rp15,5 miliar. Dia tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Banten pada Senin.

"Alhamdulillah, Ibu Etty bisa kembali ke Tanah Air. Sudah 19 tahun beliau menjalani hukuman di penjara," kata Menaker Ida ketika menjemput Etty di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, menurut keterangan yang diterima di Jakarta.

Baca juga: Menaker jemput kepulangan pekerja migran dibebaskan eksekusi mati

TKI asal Majalengka, Jawa Barat itu bekerja di Kota Taif, Arab Saudi dan pada 2001 dijatuhi hukuman mati karena didakwa menjadi penyebab majikannya meninggal dunia. Keluarga korban awalnya meminta diyat atau uang denda 30 juta riyal atau sekitar Rp107 miliar agar Etty tidak dieksekusi meski akhirnya bersedia memaafkan dengan jumlah 4 juta riyal.

Dana pembayaran untuk Etty adalah hasil tabarru atau sumbangan para dermawan dari seluruh Indonesia, termasuk dari Lembaga Zakat Infaq dan Sodaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) yang penggalangannya dilakukan sejak 2018.

Menaker menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan dan partisipasi dari berbagai lapisan masyarakat dalam usaha membebaskan Etty serta advokasi yang dilakukan perwakilan Indonesia di Arab Saudi.

Baca juga: Pemerintah susun protokol penempatan kembali TKI di luar negeri

Dia memastikan pemerintah akan terus berusaha memberikan perlindungan kepada pekerja migran Indonesia (PMI), tidak hanya dalam kasus seperti Etty tapi juga yang mengalami masalah terkait imigrasi.

"(Pemerintah) terus akan melakukan advokasi, ada beberapa yang prosesnya sudah banyak juga yang kita bebaskan. Beberapa waktu lalu kita juga memulangkan beberapa teman yang dibebaskan, besok kita juga akan menjemput teman-teman yang mengalami masalah imigrasi di Malaysia," kata Menaker.

Etty sendiri mengaku bahagia bisa kembali ke Tanah Air dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah bisa membantunya pulang.

"Saya bisa mengucapkan terima kasih semuanya atas dukungan semuanya. Mudah-mudahan ada hikmahnya untuk semuanya," kata dia.

Etty sendiri mengaku tidak berniat untuk kembali bekerja di luar negeri setelah pengalamannya di Arab Saudi.

Baca juga: Menaker: Kerja sama semua pihak kunci sukses lawan COVID-19
Baca juga: Menaker minta tidak ada diskriminasi terhadap pekerja perempuan
Baca juga: Menaker lakukan tiga langkah strategis atasi pengangguran saat pandemi

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020