Apa kita dilarang jadi orang Palestina di Instagram? Bagi saya ini adalah bullying
Jakarta (ANTARA) - Super model Bella Hadid merasa kesal karena Instagram telah menghapus unggahan Instagram Story-nya terkait asal-usulnya sebagai orang Palestina.

Pada Selasa, perempuan 23 tahun itu mengunggah paspor Amerika ayahnya Mohamed Hadid.

"Baba-ku dan tempat kelahirannya Palestina," tulis Bella dalam unggahan yang disertai foto paspor sang ayah.

Dia lantas membagikan tangkapan layar peringatan dari Instagram bahwa kontennya dihapus karena melanggar "Pedoman Komunitas tentang pelecehan atau intimidasi," serta mengandung "kekerasan grafis; kebencian, pelecehan dan intimidasi; dan ketelanjangan serta aktivitas seksual."

Baca juga: Model cantik Bella Hadid tersandung di catwalk Michael Kors

Baca juga: Dianggap rasis karena unggah foto Instagram, Bela Hadid minta maaf


"@instagram, bagian mana dari diriku yang bangga dengan tempat kelahiran ayahku di Palestina adalah 'intimidasi, pelecehan, gambar, atau ketelanjangan seksual'?" tulis Bella.

"Apa kita dilarang jadi orang Palestina di Instagram? Bagi saya ini adalah bullying," lanjutnya. "Kamu tidak bisa menghapus sejarah dengan membungkam orang. Bukan begitu caranya."

Bella juga memposting dokumentasi ayahnya yang berusia 71 tahun dari tahun 1988. Dengan itu, dia menulis, "Apakah Anda ingin dia mengubah tempat kelahirannya untukmu?"

Klarifikasi Instagram

Dalam sebuah pernyataan kepada People pada hari Rabu, seorang juru bicara perusahaan Facebook, yang memiliki Instagram, menjelaskan mengapa unggahan tersebut pada awalnya dihapus, dan meminta maaf karena membatalkannya setelah menyelidiki masalah ini.

Perwakilan itu mengklarifikasi bahwa platform tersebut tidak menghapus konten berdasarkan kebangsaan atau etnis pengguna, dan bahwa unggahan tersebut tidak dihapus karena referensi ke Palestina.

"Untuk melindungi privasi komunitas kami, kami tidak mengizinkan orang untuk mengirim informasi pribadi, seperti nomor paspor, di Instagram. Dalam hal ini nomor paspor dikaburkan, sehingga konten ini seharusnya tidak dihapus," baca pernyataan. "Kami telah memulihkan konten dan meminta maaf kepada Bella atas kesalahannya."

Dalam unggahan Instagram Story lainnya, Bella Hadid tersebut mendorong para pengikutnya untuk mengunggah tentang keluarga mereka dan bangga akan keturunan mereka.

"Saya bangga menjadi orang Palestina ❤️," tulisnya. "Semua orang harus mengunggah di mana ibu dan ayah mereka dilahirkan hari ini! Ingatkan mereka betapa bangganya kamu dari mana kamu berasal !!!"

Bella Hadid yang bernama lengkap Isabella Khair Hadid adalah putri dari pengembang real estate Mohamed Hadid dan mantan model Yolanda Hadid.

Ibunya adalah orang Belanda, dan ayahnya adalah orang Palestina.

Bella memiliki dua saudara kandung yang juga berprofesi sebagai model, yaitu seorang kakak perempuan, Gigi, dan seorang adik laki-laki, Anwar, demikian People dikutip Kamis.

Baca juga: Ayah Gigi dan Bella Hadid bangkrut

Baca juga: Bella Hadid donasikan 600 pohon hapus jejak karbonnya

Baca juga: Bella Hadid pernah merasa bersalah karena alami depresi

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2020