Kompor ditinggal ketika sedang memasak
Jakarta (ANTARA) - Puluhan rumah di RW 02 Jalan Pemuda I Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis sore, terbakar akibat kelalaian warga mematikan kompor yang sedang menyala, ujar petugas pemadam kebakaran.

"Kompor ditinggal ketika sedang memasak," kata Kasi Operasional Damkar Jakarta Timur Gatot Sulaeman di Jakarta.

Akibatnya, 30 unit rumah tinggal warga pada kawasan padat hunian di Jalan Pemuda I RT 03/RW 02 terbakar sekitar pukul 15.50 WIB akibat perambatan api.

Gatot mengatakan luas area yang terbakar dilaporkan mencapai 700 meter persegi (m2) dengan jumlah korban yang kehilangan rumah tinggal mencapai 125 jiwa.

Petugas damkar di lapangan memprediksi kerugian materi akibat kejadian itu berkisar Rp1,5 miliar.

Baca juga: Kebakaran, 19 armada damkar dikerahkan ke Rawamangun
Baca juga: 25 rumah di Rawamangun ludes terbakar
Foto udara dari pesawat tanpa awak yang menyorot lokasi kebakaran di Jalan Pemuda I, Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (9/7/2020). (ANTARA/HO-Ilham)
Sebanyak 130 personel damkar dikerahkan berikut 26 unit armada pompa untuk proses pemadaman. "Awal pemadaman pukul 15.54 WIB dan baru selesai 19.09 WIB," kata Gatot.

Camat Pulo Gadung, Bambang Pangestu melaporkan terdapat tiga warga yang mengalami luka bakar.

"Tapi bukan luka bakar yang serius, hanya ringan saja. Kebakaran terjadi siang dan banyak warga yang saling bantu saat kejadian," katanya.

Seluruh korban kebakaran telah diungsikan petugas menuju tiga tenda yang berada di kawasan Kupingan, tidak jauh dari lokasi kejadian.

Sejumlah bantuan berupa makanan dan pakaian ganti telah didistribusikan oleh petugas Palang Merah Indonesia (PMI) bersama Dinas Sosial DKI Jakarta.
Baca juga: 150 warga Rawamangun mengungsi akibat kebakaran

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020