... berharap Monumen Soekarno ini menjadi pengingat bagi kita semua atas kuatnya semangat dan persahabatan yang dimiliki Indonesia dengan Aljazair di sepanjang sejarah kedua negara kita...
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR, Puan Maharani, berharap keberadaan Monumen Soekarno di Algier, ibu kota Aljazair, semakin mempererat hubungan Indonesia dengan negara di kawasan Afrika Utara itu.

"Saya berharap Monumen Soekarno ini menjadi pengingat bagi kita semua atas kuatnya semangat dan persahabatan yang dimiliki Indonesia dengan Aljazair di sepanjang sejarah kedua negara kita," kata dia dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Ia menyatakan itu dalam sambutan peresmian Monumen Soekarno secara daring yang didirikan di Algier, Aljazair, Sabtu (18/07). Adapun Monumen Soekarno itu merupakan karya perupa seni nasional, Dolorosa Sinaga. 

Ia yang juga mewakili keluarga menyampaikan sambutan secara daring dari rumah dinas ketua DPR di Jakarta dan meminta maaf tidak dapat hadir secara fisik di Aljazair karena ada batasan perjalanan internasional akibat pandemi Covid-19.

Baca juga: Ridwan Kamil cerita pengalaman merancang Monumen Soekarno di Aljazair

"Saya berharap nantinya akan dapat datang ke Aljazair untuk menyaksikan sendiri Monumen Soekarno, simbol dari kuatnya persahabatan Indonesia dengan Aljazair," ujarnya.

Menurut dia, sejarah Indonesia-Aljazair tidak bisa dilepaskan dari sosok Bung Karno yang sejak awal mendukung kemerdekaan Aljazair hingga negara di kawasan maghribi itu merdeka pada 1962.

Ia menceritakan, pada 1955 di Bandung, Presiden Soekarno mengundang delegasi kelompok perjuangan kemerdekaan Aljazair untuk turut berpartisipasi dalam Konferensi Asia-Afrika.

"Saat itu Indonesia sebagai negara baru berumur 10 tahun dan Aljazair masih memperjuangkan kemerdekaannya," katanya.

Baca juga: Monumen Soekarno di Aljazair akan diresmikan Juni

Saat ini menurut dia, Indonesia menjadi negara terbesar di Asia Tenggara demikian juga Aljazair di Afrika dan dia berharap sejarah masa lalu itu bisa menjadi modal untuk menghadirkan masa depan yang lebih baik bagi kedua negara, juga bagi dunia.

Puan memberi penghargaan tinggi kepada pematung Dolorosa Sinaga yang membangun patung Presiden Soekarno untuk monumen itu.

"Saya menyampaikan terimakasih kepada Duta Besar Republik Indonesia untuk Aljazair, Safira Machrusah, dan seluruh stafnya atas kerja kerasnya dalam menginisiasi pembangunan Monumen Soekarno ini," katanya.

Baca juga: Monumen Soekarno siap dibangun di Aljir Aljazair

Menurut dia, patung Bung Karno dibuat dari berbagai lempengan logam secara terpisah, yang disusun secara tiga dimensi, membentuk satu kesatuan gambar Bung Karno dengan kesan yang kuat, teknik itu mengingatkan bangsa Indonesia akan sesanti bangsa, Bhinneka Tunggal Ika.

Monumen Soekarno terdiri dari taman dan patung setengah badan Soekarno yang terletak di tengah-tengah ibukota Aljazair. Lokasinya berada di bundaran simpang Jalan Mustapha Khalef Ben Aknoun dan Chemin Arezki Mouri di Algier.

Peresmian monumen Soekarno berlangsung pada Sabtu (18/7) pukul 10 pagi waktu setempat. Hadir di lokasi acara Menteri Luar Negeri Aljazair, Sabri Boukadoum, Machrusah, Gubernur Provinsi Algier, Youcef Cherfa, Presiden Kelompok Persahabatan Indonesia-Aljazair di Parlemen Aljazair, Lakhdar Brahimi serta perwakilan PT WIKA (Persero) dan PT Pertamina (Persero) yang membangun monumen itu. 

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020