Surabaya (ANTARA) - Pelatih Persebaya Aji Santoso mengaku bangga dan menyebutnya sebagai prestasi saat empat pemainnya dipanggil Timnas Indonesia senior untuk kembali melakoni sesi pemusatan latihan persiapan Kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022 putaran kedua.

"Ada empat pemain yang dipanggil pelatih timnas dan ini adalah prestasi tak hanya bagi pemain, tapi juga tim," ujarnya di laman resmi klub, Selasa.

Keempat pemain tersebut yakni kiper Rivky Mokodompit, bek tengah Rahmat Irianto, bek kanan Koko Ari Araya dan striket Arief Satria.

Menurut Aji, pemanggilan pemain ke Timnas Senior sangat positif sekaligus membuktikan bahwa Persebaya sebagai tim yang sukses meningkatkan kualitas pemain.

"Tinggal sekarang bagaimana mereka semua bisa merebut satu posisi di timnas sehingga perlu fokus, disiplin dan kerja keras," ucap pelatih yang pernah membawa Indonesia juara SEA Games 1991 tersebut.

Baca juga: Persebaya tidak setuju kompetisi Liga 1 dilanjutkan
Baca juga: PSSI segera koordinasi dengan tim-tim yang keberatan lanjutkan Liga 1


Rencananya keempat pemain Persebaya tersebut akan langsung bertolak dari kampung halaman masing-masing menuju Jakarta.

Pemanggilan tertuang dalam surat PSSI no 1404/AGB/252/VII-2020 yang diterima sekretariat Persebaya pada Senin (20/7) sore.

Dalam surat yang ditanda tangani oleh Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi itu menyebutkan bahwa PSSI memanggil empat pemain untuk bergabung dalam pemusatan latihan kali ini.

Sebelumnya, Pelatih Timnas Shin Tae Yong sudah memanggil Rahmat Irianto dan Koko Ari, kemudian saat ini bertambah Rivky Mokodompit serta Arief Satria.

Secara keseluruhan, Manajer pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong memanggil 29 pemain untuk menjalani pemusatan latihan di Jakarta, 23 Juli 2020 hingga 8 Agustus 2020.

Baca juga: Shin Tae-yong panggil 29 pemain untuk TC timnas

Pemusatan Latihan akan digelar di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, dengan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Timnas Indonesia akan menghadapi tiga pertandingan terakhir Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yaitu menantang tuan rumah Thailand pada 8 Oktober, kemudian menjamu Uni Emirat Arab pada 13 Oktober dan bertandang ke Vietnam pada 12 November.

Meski peluang lolos ke putaran ketiga sudah tertutup, PSSI ingin timnas mendapatkan hasil terbaik demi mendongkrak peringkat FIFA.

Selain itu, skuat Garuda juga akan berkompetisi di Piala AFF 2020 yang rencananya berlangsung pada bulan November sampai Desember.

Baca juga: Shin Tae-yong belum beri peta jalan program timnas senior
Baca juga: Presiden Persebaya minta Bonek utamakan kesehatan di pandemi COVID-19

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2020