Banda Aceh (ANTARA) - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Aceh melaporkan penambahan tiga pasien positif virus corona yang telah sembuh, sehingga total warga sembuh mencapai 77 orang.

Juru bicara COVID-19 Aceh Saifullah Abdulgani, Rabu, mengatakan bahwa data kasus dari seluruh kabupaten/kota di Aceh mencapai 151 orang, di antaranya sembilan orang meninggal dunia, serta 65 orang masih dalam penanganan medis.

"Dan 77 orang telah dinyatakan sembuh dari COVID-19," kata Saifullah, di Banda Aceh.

Baca juga: Kasus sembuh COVID-19 di Denpasar bertambah 23 orang

Data Dinas Kesehatan Aceh, bahwa dua warga yang telah terbebas dari COVID-19 pada Rabu (22/7) tersebut berasal dari Kota Banda Aceh, sedangkan seorang lagi merupakan warga asal Kabupaten Aceh Selatan.

Selain pasien sembuh, jubir yang akrab disapa SAG itu, menyebutkan ada dua penambahan kasus baru COVID-19. Kedua pasien tersebut yakni kasus ke 150 asal Kabupaten Bireuen, dan kasus ke 151 warga dari Kabupaten Aceh Besar.

Menurut SAG, kasus ke 151 merupakan seorang perempuan, 52 tahun, yang dinyatakan positif COVID-19 berdasarkan hasil pemeriksaan uji sampel swab dengan metode PCR.

Baca juga: 237 warga sembuh dari COVID-19 di Batam

"Pasien tersebut sedang dalam perjalanan rujukan ke isolasi Pinere, RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh," katanya.

Sedangkan pasien ke 150, kata SAG, diketahui seorang ulama kharismatik Aceh, berumur 71 tahun. Setelah dilaporkan terinfeksi, Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah juga turut menjenguk ulama tersebut melalui ruang monitor respiratory intensive care unit (RICU).

Lanjut dia, pasien ini terkonfirmasi positif terinfeksi COVID-19 berdasarkan foto thorax dan hasil pemeriksaan sampel swab nasofaring dan orofaring, dengan metode polymerase chain reaction, tes cepat molekuler.

"Begitu mendapat kabar ada tokoh panutan masyarakat Aceh sedang dirawat di RICU, Pak Nova bergegas datang ke RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh," katanya.

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di Kaltim bertambah 30 orang
Baca juga: Warga Kabupaten Madiun positif COVID-19 bertambah jadi 44 orang
Baca juga: Sebanyak 11 pasien COVID-19 di Magetan dinyatakan sembuh

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020