ada peserta yang kemungkinan berasal dari luar Kota Palu dan dari luar Sulteng
Palu (ANTARA) - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah memperketat pencegahan virus corona jenis baru (COVID-19) di dalam pelaksanaan ujian masuk perguruan tinggi keagamaan Islam negeri (UMPTKIN).

"Karena ada peserta yang kemungkinan berasal dari luar Kota Palu dan dari luar Sulteng," ucap Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Palu, Dr H Abidin Djafar, di Palu, Kamis, terkait dengan ujian masuk bagi calon mahasiswa baru jalur pendaftaran UMPTKIN.

Kata Abidin Djafar, IAIN Palu menerapkan secara ketat protokol kesehatan untuk pencegahan COVID-19, mulai dari jaga jarak, pemeriksaan suhu tubuh, dan mewajibkan kepada calon mahasiswa baru menggunakan masker.

Selain itu, sebut dia, IAIN Palu juga menyediakan cairan handsanitizer, sabun cuci tangan, sehingga calon mahasiswa baru sebelum mengikuti ujian di dalam ruangan, terlebih dahulu melakukan pembersihan tangan dengan cara mencuci tangan.

"Kami juga menyediakan cairan disinfektan, dan melakukan penyemprotan ruangan dan sarana pendukung lainnya, dalam rangka pencegahan COVID-19," sebutnya.

Baca juga: 680 pendaftar ikut UMPTKIN-IAIN Palu

Baca juga: Rektor IAIN Palu anjurkan mahasiswa baru ikut organisasi intra kampus

Baca juga: 1.530 mahasiswa baru IAIN Palu ikut pengarahan sebelum PBAK


Bahkan, kata dia, setiap calon mahasiswa diberikan sarung tangan, saat menggunakan komputer yang tersedia di ruangan laboratorium komputer. Hal itu karena mahasiswa akan gunakan komputer tersebut secara bergantian.

"Terdapat 323 calon mahasiswa baru jalur UMPTKIN yang akan mengikuti ujian, karena itu perlu ada protokol kesehatan yang kami terapkan secara ketat untuk pencegahan COVID-19," ujarnya.

Saat ini, urai dia, sedang berlangsung simulasi ujian bagi calon mahasiswa baru jalur UMPTKIN. Ujian dilaksanakan dalam tiga sesi per hari, menggunakan dua ruangan laboratorium komputer.

"Setiap ruangan diisi oleh 20 - 40 peserta, dalam tiga sesi meliputi pagi, siang dan sore," urai dia.

Simulasi ujian masuk bagi calon mahasiswa baru jalur pendaftaran UMPTKIN berlangsung mulai tanggal 23 - 26 Juli 2020 di IAIN Palu. Simulasi ini bentuk inisiatif IAIN Palu yang bertujuan untuk memudahkan calon mahasiswa baru dalam proses ujian.
penerapan protokol kesehatan kepada calon mahasiswa baru IAIN Palu dari jalur pendaftaran UMPTKIN sebelum memasuki ruangan untuk mengikuti simulasi ujian masuk, berlangsung di Laboratorium Komputer IAIN Palu, Kamis. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020