Jambi (ANTARA) - Satuan Brimob Polda Jambi siap membantu pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Jambi.

"Untuk membantu pencegahan dan penanganan karhutla di Jambi, personel Brimob diberikan pelatihan sebelum turun ke lapangan, dan mereka dilatih langsung oleh pelatih tim Manggala Agni agar anggota Brimob bisa terampil di lapangan," kata Kapolda Jambi Irjen Pol Firman Shantyabudi usai apel bersama personel Brimob Polda Jambi, Sabhara, dan Manggala Agni di lapangan Mako Brimob, Jambi, Kamis.

Baca juga: Polda Jambi pasang 30 CCTV "asap digital" antisipasi karhutla

Menurut dia, kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan dan keterampilan serta pengetahuan personel Polda Jambi khususnya Satuan Brimob Polda Jambi dalam menghadapi berbagai bencana khususnya kebakaran hutan dan lahan.

"Pelatihan ini akan memprioritaskan pencegahan dengan pola deteksi dini dan monitoring pengelolaan ekosistem gambut, pengendalian titik api yang muncul serta penegakan hukum bagi pelaku pembakaran hutan dan lahan sebagai upaya terakhir dan penanggulangan karhutla," kata Firman Shantyabudi yang juga alumni Akpol 1988 itu.

Baca juga: Polda Jambi siapkan Tim Gakkum Karhutla

Kapolda juga meminta personel Brimob dan Sabhara yang ikut pelatihan ini agar mengikuti kegiatan pelatihan dengan baik dan memahami materi dan kompetensi yang diberikan jika ada hal yang belum dipahami harus berani ditanyakan kepada instruktur sehingga ilmu yang diterima dapat diimplementasikan dengan baik dalam pelaksanaan tugas.

Sementara itu, Dansat Brimob Polda Jambi Kombes Pol Noer Hudaya mengatakan Satuan Brimob Polda Jambi siap mendukung upaya pencegahan dan penanganan karhutla di Provinsi Jambi dan mengerahkan sebanyak 250 personel Brimob yang nanti akan membantu pencegahan dan penanganan karhutla.

Baca juga: Polda Jambi galakkan edukasi pencegahan karhutla

"Pelatihan ini untuk mempersiapkan personel Brimob dalam menghadapi karhutla sehingga anggota kami di lapangan itu tahu apa yang harus dilakukan, baik secara teori maupun praktik dalam menggunakan peralatan di area lahan gambut," katanya.

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020