Samarinda (ANTARA) - Perkembangan kasus COVID-19 di Provinsi Kalimantan Timur masih menunjukkan grafik peningkatan dengan adanya tambahan sebanyak 38 pasien baru terkonfirmasi positif berdasarkan update Dinas Kesehatan wilayah setempat, Jumat.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Kaltim, Andi Muhammad Ishak mengatakan secara akumulatif jumlah kasus COVID-19 di Kaltim sudah mencapai 1.072 kasus.

" Penambahan kasus positif tertinggi di Samarinda dengan jumlah 23 kasus, Balikpapan 13 kasus, dan Paser sebanyak 2 kasus," kata Andi Muhammad Ishak menyampaikan rilis harian secara virtual di Samarinda.

Baca juga: Satu pegawai Bapenda Kaltim positif COVID-19 meninggal dunia

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim tersebut membeberkan penambahan kasus positif di Samarinda sebanyak 23 orang, 18 di antaranya merupakan kasus terkonfirmasi positif asimtomatis yang melakukan pemeriksaan di RS Bapelkes Samarinda.

Sementara lima orang lainnya, menjalani pemeriksaan secara mandiri.

Sedangkan tambahan 13 pasien di Balikpapan ditandai pasien dengan kode BPN 359 sampai BPN 371, dan dua tambahan pasien di Paser ditandai pasien dengan kode PSR 76 dan PSR 77.

Andi Muhammad Ishak juga menginformasikan tambahan pasien sembuh sebanyak 32 orang dengan rincian di Paser sebanyak 18 orang, Samarinda 6 orang dan Kutim 8 orang.

Baca juga: 28 santri Gontor Ponorogo positif terjangkit COVID-19

" Secara akumulatif jumlah pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 703 orang, sedangkan yang masih menjalani perawatan medis sebanyak 345 orang," jelasnya.

Andi Muhammad Ishak juga mengabarkan tambahan pasien meninggal dunia sebanyak dua orang; di Samarinda satu orang dan satu lainnya di Paser.

" Sampai saat ini jumlah total pasien meninggal dunia sebanyak 24 orang," kata Andi Muhammad Ishak.

 

Baca juga: Tiga pasien sembuh COVID-19 di Lampung warga Pesisir Barat
Baca juga: Kabupaten Gresik catat kesembuhan pasien terbanyak capai 82 orang
Baca juga: Laporan harian: Positif COVID-19 bertambah 1.761, sembuh tambah 1.781


Pewarta: Arumanto
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020