Teluk Wondama, Papua Barat (ANTARA) - Seorang anak buah kapal (ABK) PT Temas terkonfirmasi positif virus corona dalam pemeriksaan yang dilakukan Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Teluk Wondama Provinsi Papua Barat.

"Sebelumnya satu ABK Kapal Napan Wainami juga diketahui positif virus corona dan telah dinyatakan sembuh pada 27 Juli lalu," ucap Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Teluk Wondama dr Yoce Kurniawan di Teluk Wondama, Rabu.

Baca juga: Ribuan pekerja informal di Wondama terima santunan

Ia menuturkan ABK PT Temas awalnya menjalani rapid test pada Selasa (28/7) pagi atau satu hari setelah kapal pembawa peti kemas itu buang jangkar di Pelabuhan Wasior. Rapid test dilakukan terhadap seluruh crew kapal yang berjumlah 19 orang.

Langkah itu dilakukan lantaran semua crew kapal tol laut itu ternyata tidak melakukan rapid test sejak keluar dari pelabuhan Surabaya.

Baca juga: Dua nakes positif COVID-19 di Wondama berhasil sembuh

“Ini kami sangat sayangkan karena 19 ABK ini tidak melakukan rapid test di tempat asal mereka jalan dari Surabaya. Sehingga sesampainya di sini kita lakukan rapid di RS. Hasilnya satu reaktif dan 1 samar-samar sehingga kita nyatakan dua reaktif, “ ungkap dr Yoce.

Selanjutnya gugus tugas memutuskan untuk dilakukan pemeriksaan swab menggunakan alat TCM (tes cepat molekular) di RSUD Teluk Wondama terhadap 2 orang yang reaktif rapid test itu. Hasilnya satu terkonfirmasi positif dan satu orang negatif.

Baca juga: Bupati bersyukur seluruh pasien COVID-19 di Wondama sembuh

“Jadi sesuai protokolnya kita inapkan di RS jadi saat ini ada 3 pasien yang kita rawat (termasuk 2 pasien positif yang didapatkan pada beberapa waktu sebelumnya),“ lanjut Yoce.

Dalam rangka pelacakan (tracing), Gustu Covid-19 Teluk Wondama berencana melakukan pemeriksaan swab terhadap seluruh ABK kapal Temas yang sebelumnya telah menjalani rapid test.

“Karena mereka satu kapal kita berencana untuk melakukan swab. Tapi karena keterbatasan cartridge, sehingga rencananya akan kami lakukan swab tapi kita kirim ke Manokwari untuk menunggu hasilnya,“ kata Direktur RSUD Teluk Wondama ini.

Dengan tambahan satu kasus positif dari ABK kapal Temas maka jumlah kasus positif COVID-19 yang terdeteksi di Teluk Wondama kini menjadi 11 orang, 8 diantaranya sudah dinyatakan sembuh.

“Kita masih koordinasi dengan Gustu Provinsi apakah ABK kapal Temas ini tercatat sebagai kasus positif di Teluk Wondama atau tidak,“ sebut dr Yoce.

Pewarta: Toyiban
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2020