..peran atasan sangatlah penting untuk mengajarkan dan memberi contoh bagi karyawannya.
Jakarta (ANTARA) - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk melakukan internalisasi nilai inti BUMN yaitu AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif) sejalan dengan semangat baru BUMN untuk bertransformasi.

"Internalisasi dan implementasi budaya AKHLAK di Semen Indonesia tidak boleh hanya menjadi slogan tetapi ditanamkan pada nilai-nilai kehidupan yang tercermin dalam perilaku bekerja sehingga memiliki sikap integritas, profesional, berkinerja handal serta berkontribusi optimal," ujar Direktur Utama Semen Indonesia Hendi Prio Santoso dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Hendi mengatakan bahwa mulai saat ini secara bertahap, AKHLAK akan terus dikomunikasikan di lingkungan Perusahaan, sehingga seluruh insan Semen Indonesia memahami dan mengimplementasikan dalam pekerjaan sehari-hari.

Saat ini Semen Indonesia sedang dalam proses akselerasi transformasi dan internalisasi core values BUMN AKHLAK sebagai dasar pembentukan sumber daya manusia di lingkungan Perusahaan. Seiring dengan lahirnya AKHLAK sebagai budaya baru BUMN yang dijadikan sebagai panduan berperilaku dan budaya kerja bagi seluruh insan Semen Indonesia.
Baca juga: Kementerian BUMN ingin nilai inti AKHLAK jadi pemersatu seluruh BUMN

Menurut Dirut Semen Indonesia itu, melalui perilaku AKHLAK diharapkan seluruh karyawan Semen Indonesia agar Amanah dalam memegang teguh kepercayaan yang diberikan. Kompeten untuk terus belajar dan mengembangkan kapabilitas, Harmonis untuk saling peduli dan menghargai perbedaan, Loyal berdedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara, Adaptif untuk terus berinovasi dan antusias menggerakkan ataupun menghadapi perubahan serta Kolaboratif dalam membangun kerja sama yang sinergis.

Sementara itu Wakil Menteri BUMN I Budi Gunadi Sadikin mengatakan, BUMN terdiri dari 100 perusahaan lebih. Berbagai kegiatan usaha BUMN mulai penyuplai minyak oleh Pertamina, listrik oleh PLN hingga pengelolaan candi dan hotel yang dijalankan oleh perusahaan BUMN.

"Begitu besarnya BUMN sehingga bisa menggerakkan ekonomi Indonesia. Maka BUMN ini harus dikelola dengan baik dan menjadi tantangan karyawan perusahaan BUMN agar perusahaannya terus tumbuh dan berkembang," kata Budi Gunadi Sadikin.
Baca juga: Dengan menerapkan AKHLAK, Kementerian BUMN ingin jadi eksportir bakat

Salah satu strategi yang harus diterapkan yaitu mengisi jajaran karyawan BUMN dengan putra-putri terbaik bangsa ini. SDM terbaik yang memiliki tatanan fisik, akal serta tatanan hati yang baik menjadi syarat penting bagi karyawan BUMN. Penerapan core values AKHLAK ini menjadi bagian pendidikan tatanan hati bagi seluruh karyawan perusahaan BUMN.

“Tatanan bagaimana kita bisa belajar dengan benar, karena belajar tataran hati ini tidak bisa diajarkan oleh guru namun diajarkan oleh orang tua atau atasan. Di sini peran atasan sangatlah penting untuk mengajarkan dan memberi contoh bagi karyawannya,” kata Budi Gunadi Sadikin.
Baca juga: Tarik bakat terbaik, Kementerian BUMN luncurkan "employer branding"

Pewarta: Aji Cakti
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2020