Biasanya selalu padat, bahkan mobil-mobil parkir harus di luar
Banda Aceh (ANTARA) - Warga Aceh melakukan ziarah ke kuburan massal korban tsunami Aceh 2004 yang terletak di Siron, Ingin Jaya, Aceh Besar usai pelaksanaan Shalat Idul Adha 1441 Hijriah.

Warga yang berziarah ke kuburan massal tsunami Aceh tersebut terlihat larut dalam doa dan juga zikir yang disampaikan kepada keluarga yang meninggal dunia saat musibah besar melanda Aceh pada penghujung tahun 2004.

“Kami setiap tahun berziarah kemari, karena mertua dan adik suami yang menjadi korban tsunami tahun 2004 silam dimakamkan di sini," kata Nengsri Mulyani salah satu penziarah di kuburan massal di Siron, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar, Jumat.

Baca juga: Dispar Mataram buka ziarah makam keramat saat Idul Adha

Baca juga: Tradisi ziarah kubur di hari raya Idul Adha


Ia menjelaskan ziarah tersebut tiap tahun dilakukan dirinya bersama keluarga besarnya dan kegiatan ini juga berlangsung di kuburan massal tsunami yang ada di Banda Aceh.

"Kami berziarah tidak setiap hari tapi pada momen-momen tertentu saja, sudah menjadi tradisi kita memang berziarah ke makam keluarga," katanya.

Penziarah lainnya Mulyani mengatakan, yang membedakan lebaran Idul Adha tahun ini dengan tahun lalu adalah karena adanya pandemi sehingga tidak banyak peziarah yang datang ke kuburan tersebut.

"Biasanya selalu padat, bahkan mobil-mobil parkir harus di luar, karena penziarah yang kemari bukan hanya dari Aceh Besar dan Banda Aceh saja,"katanya.

Pantauan Antara, di jalan protokol dan lintas Banda Aceh-Medan juga terlihat cukup lengan tidak seramai pada hari-hari kerja sebelum libur pertama lebaran Idul Adha 1441 Hijriah.

Baca juga: Pemakaman Muslim Al Azhar tiadakan ziarah kubur

Baca juga: Warga doa bersama di kuburan massal korban Tsunami

 

Pewarta: Zubaidah
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020