Tanjungpinang (ANTARA) - Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kepulauan Riau Tjetjep Yudiana mengatakan hasil pemeriksaan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Batam menunjukkan Gubernur Kepulauan Riau Isdianto positif tertular COVID-19.

"Kami belum dapat data. Namun kepala BTKLPP Batam sudah menyampaikan hasilnya secara lisan kepada Gubernur," kata Tjetjep, yang juga menjabat sebagai Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Riau, di Tanjungpinang, Sabtu.

Tjetjep mengatakan, sebelumnya dikonfirmasi tertular COVID-19 Gubernur sempat menghadiri acara penyambutan di Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang dan acara tepung tawar di Gedung Daerah Tanjungpinang serta mengunjungi Pulau Penyengat dan Makam Pahlawan Tanjungpinang.

Selain itu Gubernur menghadiri kegiatan di RSAL Tanjungpinang, rapat dengan kepala desa, dan rapat dengan pejabat Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Menurut Tjetjep, sampai sekarang belum diketahui pasti dari siapa Gubernur Isdianto dan beberapa stafnya tertular COVID-19.

Sejak dua hari lalu, Gubernur Isdianto menjalani menjalani karantina mandiri di rumah dinas Gedung Daerah Tanjungpinang.

Tim Gugus Tugas memeriksa pejabat dan staf pemerintah provinsi serta warga yang pernah kontak dekat dengan Gubernur dan lima stafnya untuk melacak penularan COVID-19.

Pemerintah provinsi, menurut Tjetjep, juga mengupayakan penyediaan tempat karantina bagi warga yang membutuhkan. "Kami masih melobi pemilik hotel," katanya.

Baca juga:
Lima staf protokol Pemprov Kepulauan Riau tertular COVID-19
Ratusan pejabat jalani tes usai ajudan Gubernur Kepri positif COVID-19

Pewarta: Nikolas Panama
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2020