semoga bantuan yang kita berikan bermanfaat
Meulaboh (ANTARA) - Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim dan Lembaga Amil Zakat dan Sedekah Nahdlatul Ulama, menyerahkan sejumlah bantuan kepada pengungsi Rohingya di Kota Lhokseumawe, Aceh.

Para pengungsi tersebut saat ini masih ditampung di Komplek Balai Latihan Kerja (BLK) kawasan Blang Me Kandang, Kota Lhokseumawe, dengan jumlah pengungsi mencapai 99 orang.

Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Provinsi Aceh, Iskandar Zulkarnaen dalam keterangan yang diterima ANTARA di Meulaboh, Aceh Barat, Senin mengatakan bantuan tersebut merupakan wujud kepedulian NU terhadap para pengungsi Rohingya.

"Semoga bantuan yang kita berikan bermanfaat dalam upaya membantu para pengungsi Rohingya di Kota Lhokseumawe," katanya.

Baca juga: 99 pengungsi Rohingya di Aceh resmi dilindungi UNHCR
Baca juga: 26 pengungsi Rohingya yang hilang ditemukan di pulau kecil Malaysia


Iskandar menyebutkan, pengungsi Rohingya yang ada di Lhokseumawe juga membutuhkan bantuan karena selama ini Pemerintah Myanmar menutup bantuan dari internasional untuk mereka.

Ia juga menjelaskan, dalam waktu dekat PWNU Provinsi Aceh iuga akan menyerahkan bantuan berupa sembako dan keperluan lainnya kepada para pengungsi.

Prosesi penyerahan bantuan tersebut juga dihadiri oleh sejumlah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Lhokseumawe, Aceh diantaranya Rais Syuriah PCNU Kota Lhokseumawe Tgk H Misran Fuadi, Ketua PCNU Lhokseumawe Tgk M Rizwan H Ali, Sekretaris PCNU Lhokseumawe Teungku Ahmad Subhan dan Bendahara LPBI PW NU Aceh Indra Kariadi.

Bantuan ini diterima Ketua Satgas Penanganan Pengungsi Rohingya di Lhokseumawe, Ridwan Jalil.

Baca juga: Pupuk Iskandar Muda salurkan bantuan untuk pengungsi asal Rohingya
Baca juga: UNHCR telah mendata pengungsi Rohingya yang diselamatkan di Aceh


Sedangkan bantuan yang diserahkan pihak LPBI NU berupa sebanyak mukena, kain sarung, bantal, selimut dan masker serta perlengkapan keperluan sehari-hari lainnya.

Selain bantuan berupa paket perlengkapan keperluan sehari-hari, pada Hari Raya Idul Adha 1441 H, NU melalui NU Care Lazis NU juga menyerahkan hewan kurban sebanyak lima ekor kambing, yang langsung disembelih di tempat pengungsian.

“Nahdlatul Ulama juga akan mengisi pengajian untuk para pengungsi Rohingya selama dua bulan dan akan dimulai pada bulan Agustus ini,” kata Iskandar Zulkarnaen.

Baca juga: Dirut RSUD Baturaja bantu pengungsi Rohingya Rp100 juta

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020