Padang Aro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok Selatan, Sumatera Barat, berencana melaksanakan belajar tatap muka pada Kamis, 13 Agustus 2020, dimulai dari tingkat SMP sederajat.

"Setelah satu bulan sejak dimulainya sekolah dan sudah tidak adanya kasus COVID-19 di Solok Selatan, maka kami berencana memulai belajar tatap muka pada 13 Agustus 2020," kata Pelaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Solok Selatan, Novrizon di Padang Aro, Rabu.

Untuk memastikan belajar tatap muka, pihaknya akan berkoordinasi dengan pimpinan terlebih dahulu.

Baca juga: Tangani COVID-19, Solok Selatan-Sumbar tingkatkan peralatan medis RSUD

Baca juga: Pemkab Solok: Sudah tepat isolasi petugas medis di Vila Alahan Panjang


Saat ini sedang disusun tata cara melaksanakan belajar tatap muka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku.

Pelaksana tugas Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman mendukung proses belajar tatap muka segera dilaksanakan, sebab di kabupaten itu tidak ada kasus COVID-19 baru.

Dia mengatakan, untuk kondisi Solok Selatan proses belajar dalam jaringan cukup menyulitkan orang tua serta pelajar sebab masih banyak daerah tak ada akses internet (blank spot).

Selain itu, motivasi belajar anak-anak juga sudah mulai menurun sehingga perlu belajar tatap muka segera.

"Saya mendukung belajar tatap muka secepatnya agar tidak memberatkan orang tua karena banyak daerah blank spot," katanya.

Terkait untuk tes usap bagi guru, dia katakan tidak diperlukan sebab saat proses belajar tatap muka tetap memperhatikan protokol kesehatan.

"Untuk tes usap kami lakukan terhadap pasien yang menunjukkan gejala saja kalau untuk guru belum perlu," ujarnya.*

Baca juga: Solok Selatan, daerah terisolasi yang relatif aman dari COVID-19

Baca juga: Polwan Solok Selatan buat 1000 masker untuk masyarakat

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020