Medan (ANTARA) - Satuan Brimob Polda Sumatera Utara melaksanakan giat Operasi Aman Nusa II dalam rangka bantuan SAR penanggulangan bencana letusan Gunung Sinabung di Desa Naman Teran, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.
 
"Operasi Aman Nusa II ini dilakukan Batalion B Sat Brimob Polda Sumatera Utara, sebanyak 30 personel yang dipimpin Inspektur Polisi Dua Indra P Sihite," kata Komandan Satuan Brimob Polda Sumatera Utara, Komisaris Besar Polisi Abu Bakar Tertusi, Jumat.

Baca juga: BMKG: Letusan Gunung Sinabung belum berdampak pada penerbangan ke Aceh
 
Ia mengatakan, dalam kegiatan ini para personel ikut serta gotong royong melakukan pembersihan tempat ibadah, fasilitas umum, perkantoran serta rumah warga yang terdampak erupsi Gunung Sinabung.
 
"Kegiatan ini juga sebagai tanggapan Brimob Sumatera Utara dalam menghadapi bencana letusan Gunung Sinabung dan memberikan dukungan sebagai wujud bhakti Brimob untuk masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Meteorologi prediksi letusan Sinabung hingga ke Malaysia
 
Pada kesempatan itu, para personel juga memberikan bantuan berupa masker dan imbauan kepada masyarakat agar selalu waspada terhadap bahaya awan panas Gunung Sinabung.
 
"Diharapkan dengan kehadiran personel Brimob di lokasi kejadian, dapat meningkatkan moral masyarakat sekitar yang terkena dampak dari letusan Gunung Sinabung," katanya.

Baca juga: Abu vulkanik letusan Gunung Sinabung sampai ke Langkat
 
 

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020