Pekalongan (ANTARA News) - Aset Koperasi Simpan Pinjam Jasa Kota Pekalongan, Jawa Tengah yang semula hanya bermodal Rp4 juta hingga akhir Desember 2009 telah mencapai Rp1,48 triliun.

"Sejak berdiri pada 1973, Kospin Jasa Kota Pekalongan terus berkembang dan kini telah mempunyai aset Rp1,48 triliun," kata Ketua Kospin Jasa Kota Pekalongan, Zaki Arslan di Pekalongan, Jateng, Sabtu.

Menurut dia, selain telah mempunyai aset Rp1,48 triliun, Kospin Jasa juga telah mendirikan 77 kantor pelayanan yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Saat ini, anggota Kospin Jasa telah mencapai 162.800 orang. Namun untuk mengembangkan usaha koperasi ini, kami juga berencana mendirikan kantor Kospin Jasa di Papua," katanya.

Menurut dia, saat ini Kospin Jasa Kota Pekalongan juga telah membantu pengembangan koperasi kecil lainnya, seperti memberikan permodalan dan manajemen.

"Saat ini dana yang dipinjamkan pada koperasi telah mencapai Rp37 miliar. Harapan kami, koperasi kecil di Indonesia bisa maju dan bisa bersanding dengan Kospin Jasa," katanya.

Ia mengatakan, program tabungan dari Kospin Jasa Kota Pekalongan yang telah diluncurkan pada masyarakat, antara lain tabungan pundi arta, tabungan bakti ibu, tabungan safari, dan tabungan simpanan kesejahteraan rakyat.

"Kami berharap dengan adanya program tabungan itu, masyarakat bisa lebih tertarik untuk menabung di Kospin Jasa," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009