Jayapura (ANTARA) - Pejabat Kepolisian Resor Kota (Polresta) Jayapura Kota menyatakan situasi dan kondisi di ibu kota Provinsi Papua, Jayapura, kondusif di tengah perayaan dan peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI.

"Alhamdulilah, Puji Tuhan, wilayah Jayapura sejak pagi dan bahkan dari kemarin hingga sore ini, secara umum relatif kondusif tidak terjadi hal-hal menonjol, tidak ada gangguan kamtibmas," kata Kabag Ops Polresta Jayapura Kota, Komisaris Polisi Nursalam Saka, di Jayapura, Senin.

Menurut dia, berbagai kegiatan pemerintahan maupun kemasyarakatan di Jayapura dalam rangka memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan RI semua berjalan lancar, aman dan terkendali.

Baca juga: Bupati Jayapura memuji kinerja TNI-Polri dalam mengawal demokrasi

"Polresta Jayapura Kota melaksanakan giat cipta kondisi sejak Jumat pekan kemarin hingga Rabu pekan ini, dengan perkuatan sebanyak lima satua setingkat pleton atau SST, yang dibantu dari Brimobda Papua satu SST, Dalmas Polda satu SST, Kodim 1701/Jayapura satu SST, sisanya dari kami Polresta baik dari UKL dan Dalmas," katanya.

Disinggung soal patroli sehari jelang perayaan HUT RI, dia menyatakan berjalan aman dan lancar serta tidak ditemukan adanya warga yang membawa senjata tajam, ataupun dokumen terlarang.

"Sampai saat ini tidak ada laporan dari polsek jajaran yang melaksanakan giat cipta kondisi, baik patroli maupun razia terkait temuan-temuan dokumen ataupun ornamen dari kelompok yang berseberangan dengan pemerintah," katanya.

Baca juga: Situasi Jayapura aman dan kondusif menurut polisi

Sementara, terkait situasi di Skouw-Wutung, Distrik Muara Tami, yang merupakan perbatasan Indonesia-Papua New Guniea diklaim juga kondusif.

"Di Skouw Wutung, laporannnya hingga kini kondusif, tidak ada yang menonjol. Dan tadi ada komunitas dari roda empat yang berjumlah 100 kendaraan melakukan konvoi merah putih ke Skouw dan kami kawal dari Satuan Lalu Lintas Polresta Jayapura Kota dan mereka juga melaksanakan baksos di beberapa pos, ini berlangsung lancar tidak ada gangguan," katanya.

Sedangkan untuk pelaksanaan upacara 17-an oleh Pemerintah Kota Jayapura, Saka mengatakan sesuai protap dikawal dan berjalan lancar hingga selesai.

"Kalau upacara di Pemkot Jayapura tentunya pengamanan dari Polsek Japsel dan dibantu dari Polresta serta Koramil setempat, dan untuk upacara di Pemerintah Provinsi Papua dijaga oleh personel Polda Papua dan kami back up untuk lalu-lintas," katanya.
 

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020