Pelatih baru akan mengambil tindakan drastis dan itu akan memengaruhi pemain tertentu
Jakarta (ANTARA) - Pelatih baru Barcelona Ronald Koeman diperkirakan akan melakukan perombakan skuat besar-besaran demi menyongsong era baru setelah kekalahan memalukan 2-8 oleh Bayern Munchen, kata presiden Josep Maria Bartomeu.

Koeman akan mengawasi transisi klub bersama Ramon Planes, kepala sekretaris teknis baru setelah Eric Abidal dipecat baru-baru ini.

"Sekretaris teknik dan pelatih baru akan mengambil tindakan drastis dan itu akan memengaruhi pemain tertentu, yang harus kami berikan perpisahan yang layak," kata Bartomeu sebuah wawancara dengan saluran televisi resmi klub yang dilansir Reuters pada Rabu (19/8).

Baca juga: Resmi latih Barcelona, Koeman teken kontrak dua tahun

Bartomeu sendiri tidak mengatakan siapa saja pemain yang akan pergi, tetapi memastikan bahwa ada tujuh pemain yang tidak akan dijual: kapten Lionel Messi, penjaga gawang Marc-Andre ter Stegen, bek Clement Lenglet dan Nelson Semedo, ditambah pemain baru seperti Antoine Griezmann, Frenkie de Jong dan pemain sayap Prancis Ousmane Dembele.

Gerard Pique dan Sergio Busquets, yang telah berada di klub sejak 2008 dan pemain terlama setelah Messi, masuk dalam daftar perombakan Bartomeu, yang berarti mereka bisa hengkang setelah 12 tahun membela Blaugrana.

Baca juga: Bos Barcelona tegaskan Koeman jadi pelatih, Messi tetap di Nou Camp

Jordi Alba, Ivan Rakitic dan Luis Suarez adalah anggota penting dari tim yang memenangkan treble pada 2015 serta gelar La Liga pada 2016, 2018 dan 2019 juga masuk dalam daftar itu.

"Ini adalah para pemain yang telah memberikan hari-hari terbaiknya untuk klub dan menjadi bagian dari tahun-tahun terbaik klub. Mereka telah memenangkan banyak trofi dan meraih banyak kesuksesan," tambah Bartomeu.

Baca juga: Hanya Messi dan tiga bintang yang tak akan dijual Barcelona

"Beberapa dari keputusan itu telah diambil oleh yang lain dan beberapa akan segera diambil oleh orang yang berbeda. Para pemain tidak akan dikonsultasikan tentang keputusan ini. Sangat penting untuk mendengarkan pendapat tetapi pelatih dan sekretaris teknis akan mengambil keputusan bersama."

Barca akan menghadapi tantangan dalam menjual beberapa pemain karena mereka memiliki gaji tertinggi di dunia sepak bola, hal itu diperburuk saat semua klub mengalami masalah finansial akibat pandemi COVID-19.

Bartomeu menambahkan bahwa klub masih berusaha untuk merekrut penyerang timnas Argentina Lautaro Martinez dari Inter Milan, tetapi mengatakan sekarang "tidak mungkin" untuk memulangkan Neymar karena Paris St Germain tidak lagi ingin menjual pemain Brasil itu.

Baca juga: Barcelona pecat pelatih Quique Setien
Baca juga: Sembilan hal yang harus dilakukan pelatih baru Barcelona

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2020