Polda Metro Jaya menyiapkan 5.000 masker yang dibagi-bagikan gratis kepada masyarakat yang beraktivitas di sekitar Bundaran HI
Jakarta (ANTARA) - Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Nana Sudjana dan Panglima Kodam Jaya Mayjen TNI Dudung AR mensosialisasikan protokol kesehatan serta membagikan masker berwarna merah putih kepada masyarakat di Bundaran Hotel Indonesia, Minggu.

Polda Metro Jaya menyiapkan 5.000 masker yang dibagi-bagikan gratis kepada masyarakat yang beraktivitas di sekitar Bundaran HI, kegiatan ini dimulai dari pukul 07.30 WIB.

Baca juga: Polsek Jagakarsa awasi pendisplinan protokol kesehatan di objek wisata

Kapolra Irjen Pol Nana mengatakan langkah ini dilakukan sebagai implementasi dari Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Protokol Kesehatan dalam Pencegahan Corona Virus Diseases 2019 (COVID-19).

"Dalam hal ini Presiden sudah menginstruksikan melalui Instruksi Presiden Nomor 6/2020, Polda dan Kodam Jaya selaku Satgas agar menegakkan protokol kesehatan," kata Irjen Nana.

Baca juga: Pengikut pawai satu suro di Kebon Jeruk tak patuhi protokol kesehatan

Menurut Nana, perkembangan kasus COVID-19 di wilayah hukum Polda Metro Jaya masih cukup tinggi. Bahkan, WHO menyatakan khusus wilayah DKI Jakarta masih berisiko tinggi dengan penyebaran virus SARS-CoV-2 tersebut.

Untuk itu, Polda Metro Jaya bersama jajaran Kodam Jaya melakukan langkah-langkah antisipasi untuk menekan angka kasus salah satunya lewat sosialisasi dan pengawasan protokol kesehatan.

"Ke depan akan kita masifkan penerapan protokol kesehatan dengan melalukan pengawasan," kata Nana.
 
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung AR membagikan masker kepada masyarakat di Bundaran Hotel Indonesia, Minggu (23/8/2020). ANTARA/Laily Rahmawaty/am.

Sementara itu Pandang Jaya Mayjen TNI Dudung AR menyatakan siap mendukung jajaran Polda Metro Jaya dalam mendisiplinkan protokol kesehatan di masyarakat, agar kondisi bangsa Indonesia segera pulih, terutama sektor perekonomian.

Kegiatan sosialisasi pendisiplinan protokol kesehatan ini melibatkan 600 anggota Polda Metro Jaya dan dibantu jajaran TNI, Dinas Perhubungan dan juga Satpol PP DKI.

Baca juga: Polsek Mampang sosialisasi pendisiplinan masyarakat

Sosialisasi dimulai dari jalan Merdeka Utara menuju Bundaran HI hingga sampai ke arah Senayan. Petugas Polisi membawa papan berisikan pesan protokol kesehatan, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Tepat di bundaran HI, anggota Polisi Pariwisata, duta polisi serta anggota Polisi Lalu Lintas membagi-bagikan masker ke pada masyarakat dan pesepeda yang melintas.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan sepanjang Agustus 2020 ini pihaknya rutin membagikan masker di sejumlah wilayah.

"Kemarin ada 22 ribu masker kita bagikan menyebar di seluruh wilayah DKI, lalu hari ini ada 5.000. Kenapa masker merah putih, karena bertepatan dengan momen 17 Agustus hari kemerdekaan," ujar Yusri.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020