Pada saat ini kedua pasien tersebut sudah menjalani karantina di SKB Belitung
Belitung,Babel (ANTARA) - Dua petugas pengamanan di Bandara Internasional H AS Hanandjoeddin Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, berinisial PAS (24) dan HR (33) terkonfirmasi positif terjangkit COVID-19.

"Berdasarkan pemeriksaan usap PCR di Laboratorium Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada 22 Agustus 2020, dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19," kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Belitung, Sahani Saleh di Tanjung Pandan, Minggu.

Menurut dia, PAS (24) dan HR (33) adalah dua orang laki-laki berprofesi sebagai Aviation Security (Avsec) atau yang bertugas menjaga dan menjamin keamanan dan keselamatan pengguna jasa penerbangan di Bandara H AS Hanandjoedin, Belitung.

Baca juga: Satu pelajar dan ABK kapal di Belitung positif COVID-19, sebut GTPP

"Mereka juga tinggal di tempat kos yang sama yakni di Desa Lesung Batang," katanya.

Sahani menjelaskan pada 19 Agustus 2020 terhadap kedua petugas itu telah dilakukan pengambilan sampel usap pertama dan selanjutnya dilakukan pengambilan sampel usap kedua pada 20 Agustus 2020.

Setelah itu, lanjut Sahani, dilakukan pemeriksaan sampel usap PCR di Laboratorium Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada 22 Agustus dan dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19.

Baca juga: Tiga anggota DPRD Belitung dinyatakan sembuh dari COVID-19

Baca juga: Jubir COVID-19: Seorang WNA asal China dinyatakan sembuh


"Pada saat ini kedua pasien tersebut sudah menjalani karantina di SKB Belitung," ujarnya.

Dengan demikian, jumlah pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di daerah itu mencapai 26 orang dan 22 orang telah dinyatakan sembuh.

Untuk itu, dirinya mengajak masyarakat di daerah itu agar tetap mematuhi protokol kesehatan penanganan COVID-19.

"Jangan lupa pakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan jangan berkerumun. Tingkatkan kewaspadaan dalam menjaga kebersihan dan lingkungan," katanya.

Baca juga: Gugus Tugas: Satu juru mudi kapal di Belitung positif COVID-19

Baca juga: Bandara Internasional Belitung sediakan tes cepat COVID-19




 

Pewarta: Kasmono
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020