Bekasi (ANTARA) - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengamankan tiga remaja puteri pengendara satu unit sepeda motor yang nekat memasuki ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek).

"Jasa Marga sangat menyayangkan tindakan pengendara motor yang masuk dan menggunakan jalan tol hingga membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya," kata General Manager Representative Office 1 Jasa Marga Transjawa Tollroad Regional Division Widiyatmiko Nursejati melalui keterangan tertulis di Bekasi, Senin.

Widi mengatakan aksi nekat berujung kecelakaan pengendara motor itu terjadi di Tol Jakarta-Cikampek Km 8 arah Jakarta pada Minggu (30/8) pukul 14.30 WIB, sementara video aksi mereka kini tersebar luas di media sosial.

Baca juga: Pemotor nekat masuk Tol JORR Bekasi diduga mabuk

"Kecelakaan itu melibatkan satu unit sepeda motor yang dikendarai tiga orang dengan mobil SUV Pajero," katanya.

Berdasarkan keterangan pengendara motor, mereka masuk melalui Gerbang Tol (GT) Bekasi Timur ke arah Cikampek kemudian putar balik ke arah Jakarta dan saat di Km 8 B Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta, sepeda motor tersebut mengalami kecelakaan.

"Mereka terjatuh usai menyenggol kendaraan Pajero di lajur 4. Berdasarkan kronologis dan keterangan pengendara motor, yang bersangkutan panik karena merasa dikejar mobil tidak dikenal," katanya.

Satgas Kamtib Jalan Tol-Jakarta Cikampek dibantu petugas kepolisian yang melakukan pengejaran kemudian mengamankan tiga orang tersebut.

Baca juga: Polisi sebut pemotor masuk tol saat banjir diskresi petugas

Menurut Widi, larangan sepeda motor masuk ke dalam jalan tol dibuat demi keselamatan pengendara sepeda motor. Jalan tol itu hanya untuk kendaraan roda empat sehingga akan berbahaya sekali jika motor masuk ke dalam jalan tol karena jalan tol didesain untuk kecepatan tinggi.

"Rambu-rambu larangan masuk telah kami pasang di setiap akses masuk tol. Jika motor masuk tol, maka seperti yang terjadi kemarin, pengendara tersebut akan dikejar untuk kemudian digiring ke pintu keluar baik oleh petugas layanan jalan tol, Satgas Kamtib maupun Patroli Jalan Raya (PJR), dan akan dikenakan tindakan hukum sesuai dengan peraturan yang berlaku," kata dia.

Berdasarkan video yang beredar di media sosial, terlihat tiga remaja puteri pengendara motor memasuki ruas Tol Jakarta-Cikampek. Pemotor tersebut awalnya melaju di lajur 4.

Baca juga: Banjir masih genangi Tangerang, pengendara motor gunakan jalan tol

Tak berselang lama pengendara motor berpindah lajur melewati lajur 3 dan hendak mengambil lajur 2 namun di saat bersamaan ada sebuah mobil jenis SUV merek Mitsubishi Pajero yang melintas di lajur 2. Sepeda motor tersebut kemudian menyenggol mobil Pajero dan terjatuh.  

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020