Dalam waktu dekat kami akan membeli alat PCR portabel yang bisa dibawa
Batam (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau berencana membeli alat tes usap COVID-19 PCR portabel untuk mempercepat penanganan dan pencegahan penularan COVID-19 di daerah setempat.

"Kami lihat di Kota Batam, jumlah yang positif semakin meningkat. Dalam waktu dekat kami akan membeli alat PCR portabel yang bisa dibawa," kata Gubernur Kepri Isdianto di Batam, Rabu.

Baca juga: Gugus Tugas: Penyebaran COVID-19 di Kepri sporadis

Menurut dia, hasil penelitian, alat tes COVID-19 PCR portabel yang akan dibeli, relatif akurat dan pengerjaannya juga lebih cepat, yaitu 20 menit untuk setiap individu yang diperiksa.

Ia menyampaikan dengan alat itu maka petugas dapat mendatangi perumahan-perumahan dan lokasi yang dinilai berisiko tinghi penyebaran COVID-19.

Baca juga: Bertambah 4, total kasus positif COVID-19 di Batam jadi 667 orang

Baca juga: 76 tenaga kesehatan positif COVID-19 di Batam


"Di situ kita tes swab masyarakat. Mudah-mudahan bisa membantu segera mengetahui masyarakat yang positif dan negatif, sehingga kita bisa melakukan antisipasi," kata dia.

Penelusuran, kata dia, akan dilakukan tim gugus tugas Kepri yang bertugas di Batam, mengingat warga kota itu yang paling banyak terpapar virus corona.

Sementara itu, hingga kini tercatat 692 warga Batam yang positif terinfeksi COVID-19, sebanyak 379 orang di antaranya dinyatakan sembuh dan discarded, 32 orang meninggal serta 281 orang lainnya masih dirawat di sejumlah rumah sakit rujukan.

Baca juga: Kasus COVID-19 terus bertambah, 4 kecamatan di Batam zona merah


 

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020