Untuk pariwisata, pertama yang harus diperbaiki adalah infrastrukturnya, kemudian amenities dan event, baru promosi besar-besaran
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terus menggencarkan pembangunan di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Mandalika, Lombok dalam rangka mendukung rencana perhelatan MotoGP 2021 di wilayah provinsi Nusa Tenggara Barat tersebut.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan infrastruktur pada setiap Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) direncanakan secara terpadu baik penataan kawasan, jalan, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, sanitasi, dan perbaikan hunian penduduk melalui sebuah rencana induk pembangunan infrastruktur.

“Untuk pariwisata, pertama yang harus diperbaiki adalah infrastrukturnya, kemudian amenities dan event, baru promosi besar-besaran. Kalau hal itu tidak siap, wisatawan datang sekali dan tidak akan kembali lagi. Itu yang harus kita jaga betul," kata Menteri Basuki dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Pada prinsipnya pembangunan di KSPN Mandalika adalah mengubah wajah kawasan dengan cepat, terpadu, dan memberikan dampak bagi ekonomi lokal dan nasional.

Di bidang konektivitas, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga melakukan pembangunan jalan akses Bypass Bandara International Lombok (BIL) dengan typical desain overpass yang dibangun pada awal tahun 2020 dengan total panjang 17,4 kilometer yang terdiri dari empat jalur dan lebar 50 meter dengan dua jalur cepat dan dua jalur lambat.

Sedangkan melalui Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara I Ditjen Sumber Daya Air, Kementerian PUPR tengah membangun saluran pengendali banjir KEK Mandalika sepanjang 5 kilometer.

Untuk penataan kawasan, Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya menata Kawasan Wisata di desa-desa yang berada di Mandalika salah satunya Desa Kuta.

Pembangunan infrastruktur KSPN Mandalika Lombok bertujuan untuk menjadikan wilayah provinsi Nusa Tenggara Barat tersebut sebagai salah satu destinasi wisata unggulan kelas dunia.

Hal ini sejalan juga dengan rencana pelaksanaan MotoGP di Mandalika pada 2021 nanti sekaligus upaya Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2023.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020