Jakarta (ANTARA) - Ambisi kiper Persipura Jayapura Dede Sulaiman untuk melanjutkan kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2020 pupus setelah mengalami cedera serius saat menjalani sesi pemusatan latihan di Batu, Malang.

Dari keterangan tertulis yang diterima wartawan di Jakarta, Sabtu, dokter tim Persipura Benny Suripatty menyatakan Dede Sulaiman mengalami robek Anterior Cruciatum Ligament (ACL).

"Dari hasil MRI hari ini, Dede mengalami partial rupture (putus/sobek) ligamen ACL Injury dan ligamen PCL tertarik (PCL Strain Ligament)," kata Benny.

Baca juga: Tiga pemain kunci Persipura Jayapura alami cedera saat latihan
Baca juga: PSSI beri keleluasaan klub Liga 1 datangkan pemain baru


Menurutnya, cedera Dede Sulaiman terjadi saat kaki kanan pemain asal Jakarta itu salah tumpuan setelah menepis bola. ACL merupakan cedera serius dan membutuhkan waktu lama untuk proses penyembuhan.

Cedera tersebut membuat Dede harus mengubur ambisinya membantu Persipura merebut gelar juara dan hanya bisa menyemangati Boas Solossa dan kawan-kawan di kursi penonton.

"Cedera dari efek kakinya terpelintir mendadak setelah menepis bola waktu latihan kemarin, jadi ACL-nya robek setengah," kata Benny.

"Yang robek setengah itu akan dioperasi dan disambung, kemudian akan direhabilitasi untuk proses penyembuhan yang diperkirakan waktu kurang lebih enam bulan," ujarnya menambahkan.

Dengan hilangnya Dede Sulaiman membuat pelatih Jacksen F. Tiago harus memutar otak. Pasalnya, tim berjuluk Mutiara Hitam itu juga harus kehilangan dua pemain andalannya Sylvano Comvalius dan Arthur Cunha yang mengakhiri kontrak.

Baca juga: Sylvano Comvalius mundur dari skuad Persipura
Baca juga: Setelah Comvalius, giliran Arthur Cunha yang pamit dari Persipura

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2020