Kota Denpasar mewajibkan pelatihan berbasis kompetensi untuk mewujudkan SDM yang andal ....
Denpasar (ANTARA) - Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Ida Fauziyah mengapresiasi kinerja Pemerintah Kota Denpasar, Bali, terkait dengan penyertaan sertifikat kompetensi kepada tenaga kerja setempat.

"Pemerintah Kota Denpasar telah membantu komitmen pemerintah pusat dalam memberi sertifikasi kompetensi bagi tenaga kerja di daerah," kata Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah saat melakukan kunjungan kerja di Denpasar, Sabtu.

Dengan menyediakan kompetensi tenaga kerja tersebut, kata Ida Fauziyah, berarti meningkatkan sumber daya manusia unggul yang dapat mendorong percepatan pemulihan ekonomi secara nasional.

Baca juga: Menaker pastikan relaksasi iuran tidak kurangi manfaat BPJAMSOSTEK

Menaker Ida Fauziyah mengatakan bahwa kunjungan kerja (kunker) kali ini dalam rangka monitoring dan evaluasi implemetasi pelaksanaan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 294 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru untuk Mendorong Percepatan Pemulihan Ekonomi Secara Nasional.

"Saya mengapresiasi kinerja Pemerintah Kota Denpasar karena telah menyertakan sertifikasi kompetensi kepada tenaga kerja di Denpasar yang merupakan jalan emas menuju Indonesia maju," ucapnya.

Dengan adanya sertifikasi kompetensi bagi pekerja migran Indonesia, menurut Menaker Ida Fauziyah, tidak menutup kemungkinan selain andal bekerja juga dapat membuka pasar kerja di luar negeri.

"Untuk membangun sumber daya manusia yang berkompeten harus ada kerja keras dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah dengan memberikan pelatihan dan kompetensi bagi calon tenaga kerja sehingga nantinya bisa profesional," ujarnya.

Baca juga: Menaker minta calon penerima subsidi gaji bersabar tunggu proses

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sertifikasi Kompetensi Kota Denpasar IGA Rai Anom Suradi menjelaskan bahwa tujuan utama pemkot menjadikan Kota Denpasar sebagai kota kompeten dengan memberikan 10.0000 sertifikasi kompetensi per tahun kepada tenaga kerja di Kota Denpasar.

"Kota Denpasar mewajibkan pelatihan berbasis kompetensi untuk mewujudkan SDM yang andal sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah ini," kata Anom Suradi.

Pewarta: I Komang Suparta
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2020