Jakarta (ANTARA News) - Penggarapan film Merah Putih 2 dengan subjudul "Darah Garuda" yang akan tayang di seluruh bioskop pada September 2010 menghabiskan biaya produksi sekitar Rp10 miliar.

"Biaya produksinya menelan anggaran sekitar Rp10 miliar," kata Sutradara Merah Putih Yadi Sugandi kepada ANTARA di Jakarta, Rabu.

Yadi menjelaskan, proses syuting Film Merah Putih 2 sendiri dilakukan di tiga tempat yang berbeda yakni Sukabumi, Pantai Pangandaran dan Kepulauan Seribu.

"Proses syuting memakan waktu sekitar 28 hari dan proses produksis ekitar 35 hari," katanya.

Ia menambahkan, proses syuting Merah Putih 2 telah dicicil sebagian pada syuting film Merah Putih satu yang tayang pada tahun 2009 lalu.

"Sebagian besar syuting Merah Putih 2 sudah dicicil pada pembuatan film sebelumnya, kini tinggal mencicil sisanya sekitar 30 persen lagi," katanya.

Yadi menerangkan, anggaran sebesar Rp10 miliar diantaranya digunakan untuk membangun set lapangan udara belanda yang nantinya akan diledakkan, selain dihunakan pula untuk replika pesawat udara, pembelian bahan peledak serta honor pemain dan kru.

Ia menambahkan. pihaknya tidak menargetkan keuntungan atau kembalinya modal yang telah dikeluarkan.

"Pihak produser hanya menginginkan film ini sukses menyampaikan pesan moral mengenai perjuangan pahlawan kemerdekaan," katanya.

Film ini dibintangi sederet aktor dan aktris muda seperti Darius Sinathrya, Teuku Rifnu Wikana, Lukman Sardi, Doni Alamsyah, Zumi Zola, dan Saraswati.

"Merah Putih" dibesut dalam format seluloid 35 millimeter dengan tim internasional terdiri dari ahli efek khusus (special effects) dan veteran perfilman Hollywood yakni Koordinator efek khusus dari Inggris Adam Howarth (Saving Private Ryan, Blackhawk Down), Koordinator pemeran pengganti (stunt) Rocky McDonald (Mission Impossible II, The Quiet American).

Make-up dan visual effects oleh Rob Trenton (The Dark Knight), Konsultan ahli persenjataan adalah John Bowring (Crocodile Dundee II, The Matrix, The Thin Red Line, Australia, X-Men Origins:Wolverine) dan Asisten Sutradara adalah Mark Knight (December Boys, Beautiful).(*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010