Sebelum menyalakan listrik di rumah, warga juga harus berhati-hati, pastikan peralatan listrik di rumah sudah bersih dan kering sebelum digunakan, karena ini juga berpotensi menyebabkan tersetrum
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan Listrik Negara (PLN) berhasil menyalakan seluruh gardu terdampak banjir bandang yang melanda Kampung Cibuntu, Desa Pesawahan, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi.

Sebelumnya curah hujan tinggi yang mengguyur Jawa Barat sejak Senin sore (21/9) menyebabkan aliran Sungai Cibuntu meluap dan mengakibatkan banjir bandang menerjang perkampungan padat di daerah sekitar sungai yakni Kampung Cibuntu, Desa pesawahan, Kecamatan Cicurug.

Menurut Manager PLN UP3 Sukabumi, Ichwan Sahroni, dalam informasi yang diterima Antara di Jakarta, Selasa, kejadian banjir bandang ini terjadi sekitar pukul 17.00 WIB (21/9), yang mengakibatkan 4 gardu PLN tidak dioperasikan demi keselamatan masyarakat. Namun saat ini ke empat gardu tersebut berhasil di normalkan.

Baca juga: Tiga kecamatan di Sukabumi dilanda banjir

Pihak PLN masih melakukan pendataan terhadap jumlah peralatan kelistrikan yang terdampak dan upaya yang bisa dilakukan PLN untuk segera memulihkan listrik di wilayah Cicurug.

Sebelum menyalakan aliran listrik, PLN telah memastikan bahwa gardu, jaringan, dan instalasi pelanggan aman. PLN melakukan inspeksi, pembersihan, pengeringan, dan pengecekan gardu distribusi yang terkena dampak banjir. PLN menyalakan aliran listrik setelah penandatanganan berita acara dengan Ketua RT/RW atau tokoh masyarakat setempat yang menyatakan instalasi listrik di rumah warga aman.

Baca juga: BPBD Jabar kirim bantuan ke warga terdampak banjir bandang Sukabumi

Kepada Masyarakat yang terdampak banjir, PLN juga menyampaikan bahwa penyalaan dilakukan secara bertahap hal ini demi memastikan keselamatan warga.

"Karena kami mementingkan keselamatan jiwa pelanggan. Sebelum menyalakan listrik di rumah, warga juga harus berhati-hati, pastikan peralatan listrik di rumah sudah bersih dan kering sebelum digunakan, karena ini juga berpotensi menyebabkan tersetrum," kata Ichwan.

Untuk informasi layanan kelistrikan selama banjir ini warga dapat menghubungi Contact Center PLN 123 dengan cara menekan kode area dilanjutkan dengan 123.

Baca juga: BPBD Jabar kirim bantuan ke warga terdampak banjir bandang Sukabumi
 

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020