Presiden: Pastikan skema jaring perlindungan sosial berjalan efektif

id jaring perlindungan sosial,bantuan sosial pemerintah,presiden jokowi,dampak pandemi

Presiden: Pastikan skema jaring perlindungan sosial berjalan efektif

Arsip Foto. Presiden Joko Widodo (tengah) berpidato dalam acara pemberian bantuan modal kerja kepada pedagang kecil yang terdampak COVID-19 di halaman tengah Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (21/7/2020). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/hp.)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo meminta jajarannya memastikan program-program dalam skema jaring perlindungan sosial berjalan efektif dan tepat sasaran.

"Dalam jangka pendek, semua skema program berkaitan dengan jaring perlindungan sosial seperti PKH, bansos tunai, BLT desa, betul-betul harus dipastikan berjalan efektif," katanya di Jakarta, Kamis, saat menyampaikan pengantar dalam rapat terbatas melalui konferensi video mengenai percepatan peningkatan ekonomi desa.

Presiden mengatakan, skema jaring perlindungan sosial harus dipastikan menjangkau warga yang membutuhkan, khususnya masyarakat desa yang terkena dampak pandemi COVID-19.

"Begitu juga pelaksanaan (program) padat karya tunai di desa, betul-betul harus dikawal sehingga bisa mengurangi beban masyarakat desa yang kehilangan pekerjaan, kesulitan kerja, atau yang berasal dari keluarga tidak mampu di desa," katanya.

Presiden juga mengatakan bahwa pandemi COVID-19 harus dijadikan sebagai momentum untuk memperbaiki dan mereformasi strategi besar transformasi ekonomi desa.

Baca juga:
Pemerintah pastikan seluruh tenaga honorer dapat bantuan sosial
10 juta peserta PKH dapat bantuan beras

Pewarta : Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar