Sumut berpotensi hujan disertai petir pada malam hari

id bmkg, hujan,Sumut

Sumut berpotensi hujan disertai petir pada malam hari

Ilustrasi - Awan hitam Cumulonimbus bergelayut di langit Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh. ANTARA FOTO/Rahmad/hp.

Medan (ANTARA) - Hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang dan petir berpotensi terjadi di seluruh wilayah Sumatera Utara, terutama pada sore hingga malam hari.

Berdasarkan keterangan tertulis BMKG Sumatera Utara yang diterima di Medan, Sabtu, disebutkan pada sore hingga malam hari akan terjadi hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang dan badai petir di wilayah Sumatera Utara.

Baca juga: BMKG pasang sistem peringatan dini gempa di Pesisir Pantai Barat Sumut

Baca juga: Delapan titik panas kategori sedang terdeteksi BMKG di Sumut


Hujan sedang hingga lebat tersebut diperkirakan terjadi di wilayah Langkat, Binjai, Medan, Deli Serdang, Sergai, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbahas, Taput, Simalungun, Asahan, Tanjung Balai, Batubara, Madina, Tapsel, Tapteng, Labuhanbatu, Labura, dan Labusel.

Sementara pada dini hari berawan dan hujan ringan hingga lebat disertai angin kencang dan badai petir di wilayah Langkat, Medan, Binjai, Deli Serdang, Sergai, T.Tinggi, Batubara, Labuhanbatu, Labura, Simalungun, Labusel, dan sekitarnya.

Suhu udara 17.0-32.0 derajat selsius, kelembapan udara 60-98 persen dan angin berhembus dari Tenggara – Barat Daya dengan kecepatan 10-20 km/jam.

Baca juga: 25.669 kali petir terjadi awal September di Sumut, sebut BMKG

Prakiraan gelombang laut di perairan Utara Sabang, Samudera Hindia Barat Aceh, Samudera Hindia Barat Nias setinggi 2,5-4 meter.

Selat Malaka Bagian Utara, Selat Malaka Bagian Tengah, Perairan Barat Aceh, Perairan Meulaboh- Sinabang, Perairan Nias-Sibolga 1,25-2,5 meter.

Pewarta : Juraidi
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar