Jayapura (ANTARA) - Aparat gabungan TNI-Polri yang berada di Kabupaten Intan Jaya, Papua, saat ini melakukan pengejaran terhadap kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang membuat aksi melawan hukum melakukan penembakan terhadap warga sipil.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal di Kota Jayapura, Sabtu, mengatakan tim gabungan masih melakukan pengejaran terhadap kelompok tersebut.

"Pengejaran ini terkait penembakan pada Jumat (25/09) dan sementara dilaporkan tidak ada korban jiwa dalam baku tembak antara tim gabungan dengan KKB," katanya.

Baca juga: Wakil kepala Polda Papua: Kekuatan polisi masih cukup di Intan Jaya

Menurut dia, aparat gabungan TNI-Polri yang berada di Kabupaten Intan Jaya terus intens melakukan kegiatan patroli untuk mengantisipasi adanya gangguan keamanan yang dilakukan KKB.

"Kami berharap situasi ini dapat segera pulih dan tidak ada lagi kekerasan yang dilakukan kelompok tersebut baik kepada aparat TNI-Polri maupun kepada warga sipil. Kita ingin hidup damai dengan jauh dari tindakan kekerasan apapun," katanya.

Dia juga mengajak seluruh warga yang berada di Kabupaten Intan Jaya bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif.

Baca juga: Kapolres Mimika: Tak ada pengiriman pasukan ke Intan Jaya

Pada Jumat (25/09) sekitar Pukul 12.15 WIT, telah terjadi kontak tembak antara aparat Kepolisian dengan KKB di Kampung Bilogai, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya.

"Kontak tembak terjadi sekitar Pukul 12.15 WIT setelah aparat Kepolisian mengantar keberangkatan Wakapolda Papua Brigjen Pol Mathius Fakhiri," katanya.

Tim gabungan yang dipimpin oleh AKP Ferdinant Numberi yang dalam perjalanan pulang dari mengantar Wakapolda Papua ditembak dari arah kiri jalan oleh KKB.

"Kemudian tim gabungan melakukan tembakan balasan kepada arah tembakan tersebut," katanya.

Baca juga: Polisi sebut Jelek Waker dalang penembakan Pdt Zanambani di Intan Jaya

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2020