Penataan disesuaikan semua dengan alam yang berada di lingkungan kawasan itu
Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo menginginkan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, benar-benar menjadi kawasan wisata premium di Indonesia.

Presiden Jokowi meninjau sekaligus mengontrol telah dimulainya penataan kawasan wisata di Labuan Bajo, Komodo, Manggarai Barat, NTT, Kamis, sebagaimana disaksikan melalui rekaman video.

Baca juga: Labuan Bajo diyakini cepat tumbuh dibanding objek wisata lain

Baca juga: NTT minta pengelola hotel siapkan bilik disinfektan, cegah COVID-19


"Penataan disesuaikan semua dengan alam yang berada di lingkungan kawasan itu, sehingga kelihatan sangat natural bagi siapapun yang akan berkunjung dan kawasan Labuan Bajo akan jadi kawasan yang betul betul memang premium," ujar Presiden di NTT, Kamis.

Presiden mengatakan penataan dilakukan dua tahap, di mana tahap pertama diharapkan selesai pada akhir 2020, dan tahap kedua dapat diselesaikan pada tahun 2021.

Sejumlah penataan kawasan wisata di NTT yang dijabarkan Presiden antara lain di Gua Batu Cermin, Kawasan Puncak Waringin, kawasan Kampung Ujung hingga Marina, pemindahan pelabuhan ke wilayah Wae Kelambu, serta penataan di Pulau Rinca yang merupakan habitat komodo.

Baca juga: Presiden Jokowi meninjau progres penataan kawasan wisata Labuan Bajo

Baca juga: Taman Nasional Komodo terapkan registrasi online perketat wisatawan

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020