Mamuju (ANTARA News) - Kantor KPU Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Kamis sekitar pukul 03.00 Wita terbakar hingga menghanguskan hampir seluruh bangunan.

Petugas kepolisian masih menyelidiki penyebab kebakaran kantor KPU Mamuju yang terletak di Jl Andi Endeng, Kelurahan Binanga, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju itu.

Hastuti salah seorang warga yang kebetulan melintas di depan kantor KPU Mamuju itu saat kebakaran terjadi mengaku tidak tahu penyebab terjadinya kebakaran di kantor penyelenggara pemilu dan pilkada tersebut.

"Waktu saya melintas, api yang melalap KPU Mamuju belum terlalu besar dan warga yang tinggal di sekitar lokasi KPU Mamuju dikagetkan dengan kebakaran itu," katanya.

Beruntung, kata dia, tiga unit mobil pemadam kebakaran yang datang langsung ke lokasi kebakaran berhasil memadamkan kobaran api, sehingga kobaran api yang melahap habis kantor KPU Mamuju tersebut tidak sempat menjalar ke pemukiman penduduk yang lain.

"Api yang membakar kantor KPU Mamuju baru bisa dikuasai pemadam setelah dua jam kemudian, sekitar pukul 05.00 Wita," katanya.

Dalam peristiwa kebakaran itu, sejumlah penjaga kantor KPU Mamuju sempat menyelamatkan beberapa berkas berharga milik KPU Mamuju, meskipun sebagian lainnya tidak sempat diselamatkan lagi.

"Waktu kebakaran terjadi hanya sedikit orang yang ada di lokasi kebakaran, hanya sejumlah penjaga kantor KPU Mamuju dan beberapa warga yang melintas, serta pemadam di lokasi kebakaran," katanya.

Sementara itu, aparat kepolisian Polres Mamuju sedang menyelidiki penyebab kebakaran kantor KPU Mamuju tersebut dengan memeriksa sejumlah petugas penjaga kantor tersebut

"Kami sedang memeriksa beberapa penjaga yang menjadi saksi dalam kebakaran ini, untuk mengetahui penyebab kebakaran," kata Kasat Reskrim Polres Mamuju AKP Abidin. (MFH/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010