masih ada beberapa fasilitas yang perlu ditambah agar lengkap
Cikarang, Bekasi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menyiapkan pusat pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang dinilai sebagai balai latihan kerja (BLK) terlengkap di Indonesia.

"Tidak menutup kemungkinan BLK milik Pemerintah Kabupaten Bekasi ini nantinya menjadi satu-satunya pusat pelatihan dan pendidikan terlengkap," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi Suhup di Cikarang, Rabu.

Pihaknya kini mulai melakukan pembenahan serta penambahan fasilitas pada Gedung BLK yang berlokasi di Desa Srimahi, Kecamatan Tambun Utara itu.

Baca juga: Bekasi bentuk Pasukan Kepiting Muara cegah sampah dari perbatasan

"Sejak dibangun delapan tahun lalu, masih ada beberapa fasilitas yang perlu ditambah agar lengkap dengan harapan mampu mencetak tenaga kerja siap pakai," katanya.

Suhup mengatakan penyempurnaan gedung pelatihan tenaga kerja itu dilakukan agar nantinya dapat difungsikan secara maksimal. Rencananya gedung tersebut akan dilengkapi asrama, workshop, perkantoran, serta alat atau mesin praktik dan fasilitas penunjang lain.

Sesuai keinginan Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja, BLK ini akan memenuhi semua standardisasi latihan kerja bagi warga Kabupaten Bekasi.

Baca juga: Pemkab Bekasi larang usaha kuliner layani makan di tempat

"Kita akui, Kabupaten Bekasi memiliki ribuan perusahaan atau pabrik tetapi karyawan dan pegawainya masih banyak diambil dari luar Kabupaten Bekasi. Kita tidak ingin ini terjadi terus-menerus," ucapnya.

Suhup berharap keberadaan BLK Tambun Utara ini juga diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan pengangguran dengan menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) lokal yang unggul dan berdaya saing.

"SDM kita memang masih kalah dengan warga dari luar Kabupaten Bekasi namun kita mempersiapkan keterampilan warga melalui pelatihan dan pendidikan di BLK ini. Semoga upaya ini mampu menekan angka pengangguran warga Kabupaten Bekasi," katanya.

Baca juga: TMMIN kirim Innova Ambulans untuk Pemkab Bekasi

Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja mengatakan diaktifkannya kembali BLK Tambun Utara dengan penambahan sejumlah fasilitas diharapkan mampu meningkatkan kemampuan dan keahlian calon tenaga kerja lokal sebelum masuk dunia industri.

"Saya berharap BLK mampu mencetak generasi teknopark dan geopark serta menciptakan lapangan kerja warga kita. Kami juga sudah membuat payung hukum yang memprioritaskan penggunaan tenaga kerja lokal di setiap industri yang ada di wilayah kita," kata dia.

Baca juga: Gubernur Jabar setujui pergantian Ketua DPRD Kabupaten Bekasi

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020