Jakarta (ANTARA) - PT XL Axiata Tbl (XL Axiata) akan semaksimal mungkin mendukung sejumlah program pemerintah terkait bidang telematika yang merupakan salah satu penopang utama percepatan pembangunan nasional.

"Kami akan melanjutkan dukungan kepada pemerintah melalui pembangunan jaringan infrastruktur yang semakin luas hingga ke pelosok-pelosok area, adopsi atas teknologi terbaik dan terbaru, serta melahirkan produk-produk layanan inovatif yang akan mendorong produktivitas masyarakat Indonesia," kata Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini dalam konpres virtual memperingati HUT ke-24 perusahaan itu di Jakarta, Kamis.

Dikatakan, selama 24 tahun perusahaan berkiprah di industri telekomunikasi Indonesia, selama itu pula pihaknya berusaha semaksimal mungkin mendukung program-program pemerintah yang terkait dengan bidang telematika.

Baca juga: Jawab kebutuhan data meningkat, XL Axiata tawarkan paket baru

Perusahaan, katanya, sangat menyadari keberadaan infrastruktur jaringan dan layanan telekomunikasi, internet, dan data digital akan semakin penting guna menopang pembangunan di semua bidang.

Dia mengatakan, di saat pandemi tengah berjangkit seperti sekarang, masyarakat semakin merasakan betapa pentingnya keberadaan jaringan internet dan produk layanan digital untuk mendukung hampir semua aktivitas kehidupan di saat faktor kesehatan memaksa mereka untuk tetap tinggal di rumah dan menghindari kerumunan.

Dari evaluasi atas kualitas layanan selama masa pandemi, manajemen telah menempuh berbagai upaya untuk bisa memaksimalkan kualitas layanan sehingga bisa memenuhi harapan pelanggan. Selain itu, sejumlah produk baru yang inovatif yang disesuaikan dengan kebutuhan terkini telah ditawarkan kepada pelanggan.

Menurut Dian, untuk bisa menyediakan layanan-layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan berbagai segmen, perusahaan terus meningkatkan penggunaan analitik data agar bisa lebih tepat dalam melihat ekspektasi pelanggan.

Baca juga: XL Axiata capai kinerja positif selama pandemi

Perusahaan juga terus mendorong pemanfaatan jaringan infrastruktur yang terus dibangun hingga ke pelosok daerah dengan menciptakan berbagai layanan yang bisa mendorong produktivitas masyarakat di setiap area.

"Salah satunya melalui layanan Internet of Thing (IoT), yang bisa memfasilitasi pelaku usaha besar hingga level kecil dan mikro untuk bisa menjadi lebih maju," katanya.

Chief Teknologi Officer XL Axiata I Gede Darmayusa, mengatakan berbarengan dengan pengembangan berbagai layanan inovatif tersebut, XL Axiata juga terus membangun jaringan data di semua wilayah Indonesia untuk meningkatkan kualitas koneksi dan memperluas wilayah jangkauan.

Hingga akhir semester pertama 2020, jaringan data XL Axiata telah menjangkau lebih dari 93 persen populasi penduduk. Total sebanyak 139 ribu unit BTS, termasuk lebih dari 49 ribu unit BTS 4G, menopang jaringan XL Axiata di 456 kota/kabupaten di hampir seluruh provinsi yang ada di Indonesia.

Selain itu, backbone fibre optic milik XL Axiata membentang sepanjang ribuan km menghubungkan semua jaringan yang tersebar di sebagian besar wilayah kepulauan Nusantara.

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2020