Raih doktor HC, Syafruddin berhubungan baik dengan tokoh Islam dunia

id Syafruddin,Mantan Menpan-RB,Komjen Pol Syafruddin,Wakapolri,Arief Rosyid,DMI,Dewan Masjid Indonesia,Museum Rasulullah,UIN Bandung

Raih doktor HC, Syafruddin berhubungan baik dengan tokoh Islam dunia

Wakil Ketua Umum DMI, Syafruddin bersama delegasi Dewan Masjid Indonesia (DMI) didampingi Ketua Yayasan Wakaf Assalam Dr Nashir Az-Zahroni melihat miniatur museum Rasulullah Muhammad shallallahu alaihi wasallam di Makkah, Arab Saudi. (FOTO ANTARA/dok pri/Desember 2019)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Pemuda Dewan Masjid Indonesia Arief Rosyid Hasan mengatakan bahwa Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (2018-2019) Syafruddin yang dianugerahi gelar doktor kehormatan (honoris causa/HC) dari Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.
adalah pribadi yang menjaga hubungan baik Indonesia dengan tokoh-tokoh Islam di dunia dan kancah internasional.

"Alhamdulillah, Pak Syafruddin memang dikenal memiliki hubungan yang baik dengan tokoh-tokoh Islam internasional," katanya saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Selasa.

Karena itu, Arief bersyukur Syarifuddin berhasil meraih gelar doktor kehormatan (honoris causa) untuk bidang Ilmu Politik Hukum Hubungan Internasional Islam dari Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Ia  mengatakan salah satu kecakapan yang terang dimiliki Syafruddin adalah ketika dia berhasil membuat Indonesia memperoleh kesempatan membangun Museum Rasulullah Muhammad shallallahu alaihi wasallam di Tanah Air.

Indonesia terpilih sebagai lokasi pertama di luar Arab Saudi untuk pembangunan museum tersebut. Museum seluas enam hektare tersebut dibangun di dekat Pantai Karnaval Ancol, Jakarta.

Kerja sama pembangunan Museum Rasulullah Muhamma shallallahu alaihi wasallam di Indonesia sudah dimulai sejak 2017.

Saat itu, Syafruddin yang tengah menjabat sebagai Wakil Kepala Kepolisian Republik lndonesia (Wakapolri) mengadakan pertemuan dengan Ketua Yayasan Wakaf Assalam Nashir Az-Zahroni di Madinah, Arab Saudi.

Kesepakatan untuk membangun Museum Rasulullah SAW di Indonesia ditandatangani pada Desember 2019 ketika delegasi DMl yang dipimpin Wakil Ketua Umumnya, Syafruddin mengadakan kunjungan ke Kota Makkah, Arab Saudi, dan bertemu dengan Ketua Yayasan Wakaf Assalam Nashir AzZahroni serta wakil Liga Islam Dunia yang akan membiayai pendirian museum tersebut dan juga tim pembangunan Museum Rasulullah Muhammad shallallahu alaihi wasallam.

Arief mengatakan keberhasilan Syarifuddin -- Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia 2017-2022 itu -- cukup penting bagi wajah Islam Indonesia di dunia internasional.

"Komitmen untuk membawa wajah Islam Indonesia yang ramah ini ke dunia internasional sangat penting di tengah masih adanya islamofobia," katanya menegaskan.

Komjen Polisi (Pur) Syafruddin dijadwalkan akan menerima gelar doktor honoris causa untuk bidang Ilmu Politik Hukum Hubungan Internasional Islam pada Kamis, 15 Oktober 2020.

Penganugerahan gelar doktor honoris causa untuk mantan Wakapolri periode 2016-2018 itu akan disiarkan secara langsung dari Youtube UIN Sunan Gunung Djati Bandung pukul 13.00 WIB.

Baca juga: Mantan Menpan-RB meraih gelar Doktor 'Honoris Causa' dari UIN Bandung

Baca juga: Arab Saudi akan bantu bangun masjid di Palu-Donggala

Baca juga: Lakukan "tabayyun", sebut Syafruddin soal larangan ustadz Hanan Ataki

Baca juga: DMI kutuk perbuatan bawa anjing ke masjid

Pewarta : Abdu Faisal
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar