Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut baik relokasi dan perluasan investasi perusahaan-perusahaan Jepang ke Indonesia.

Presiden Jokowi dalam pernyataan pers bersama setelah pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa, mengatakan dalam pertemuan tersebut dibahas kerja sama di bidang ekonomi.

Presiden Jokowi pun menyebut Jepang sebagai salah satu negara mitra strategis Indonesia di bidang ekonomi.

“Saya menyambut baik relokasi dan perluasan investasi perusahaan-perusahaan Jepang ke Indonesia seperti Denso, Sagami, Panasonic, Mitshubisi Chemical, dan Toyota,” katanya.

Presiden Jokowi pada kesempatan yang sama meminta perhatian terhadap Jepang terkait adanya kendala izin impor produk pertanian, produk kehutanan, dan produk perikanan dari Indonesia.

“Saya juga mendorong Jepang ikut berpartisipasi dalam Sovereign Wealth Fund Indonesia,” katanya.

Keduanya juga membahas kemitraan Indonesia-Jepang dalam memperkuat kerja sama multilateral.

Presiden menekankan pentingnya semangat kerja sama terutama di tengah menguatnya rivalitas yang semakin menajam di tengah kekuatan besar dunia.

“Spirit kerja sama inklusif perlu juga terus dimajukan dalam kerja sama Indopasifik sebagaimana tercermin dalam ASEAN outlook Indopacific,” kata Kepala Negara.

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2020