Jakarta (ANTARA) - Karl Toko Ekambi mencetak dua gol untuk mengantarkan Lyon mencukur Monaco 4-1 dalam pertandingan Liga Prancis di Stadion Groupama, Senin WIB.

Memphis Depay dan Houssem Aouar mencetak dua gol kemenangan lainnya sebelum dibalas gol penghibur dari Wissam Ben Yedder, demikian catatan resmi Liga Prancis.

Hasil ini membawa Lyon naik ke posisi enam enam 13 poin, sedangkan Monaco memperpanjang tiga laga tanpa kemenangan dan terdampar pada posisi 12 dengan mengoleksi 11 poin.

Pada babak pertama Lyon tampil dominan atas Monaco. Memphis Depay membuka keunggulan Lyon pada menit ke-12 lewat serangan balik cepat dan sontekannya setelah menerima umpan Houssem Auoar menggetarkan jala gawang Monaco.

Baca juga: Ditahan imbang oleh Nice, Lille gagal geser PSG dari puncak klasemen

Gol ini emosional karena Memphis memberikan gestur dukungan kepada pemain Liverpool Virgil van Dijk untuk lekas sembuh dari cedera ACL yang dialaminya.

Karl Toko Ekambi menggandakan keunggulan pada menit ke-34. Menerima umpan silang Tinotenda Kadewere, ia langsung melepaskan sepakan keras yang tak bisa dihalau Benjamin Lecomte.

Pemain incaran Arsenal Houssem Aouar memaksa Lecomte memungut bola dari gawang untuk yang ketiga kalinya. Sepakannya dari titik putih membuat Lyon menjauh.

Hanya berselang tiga menit, Karl Toko Ekambi mencetak Brace. Dia yang melewati beberapa pemain Monaco mengakhirinya dengan sepakan mendatar, Lyon unggul 4-0.

Baca juga: Bordeaux amankan tiga poin dari Nimes, Reims menang atas Montpeliier

Monaco mampu memperkecil ketertinggalan pada awal-awal babak kedua setelah Ruben Aguilar dilanggar Sinaly Diomane di dalam kotak penalti. Wissam Ben Yedder yang menjadi eksekutor tak menyia-nyiakan peluang emas tersebut.

Pada babak kedua ini kendali permainan menjadi milik Monaco. Cesc Fabregas dan kawan-kawan memaksa tuan rumah hanya bermain bertahan dan sulit mengembangkan permainan.

Lyon juga harus kehilangan satu pemainnya pada menit ke-89. Melvin Bard diganjar kartu merah setelah melakukan pelanggaran keras terhadap Ruben Aguilar. Namun hingga bubaran Lyon memperrtahankan kemenangan besar 4-1 ini.

Baca juga: Moise Kean buka keran gol saat bantu PSG gilas Dijon 4-0

Berikut susunan pemain:
Lyon (4-4-1-1):
Anthony Lopez; Marcelo, Leo Dubois (Mattia De Siglio), Sinaly Diomande, Maxwell Cornet (Melvin Bard); Lucas Paqueta (Moussa Dembele), Thiago Mendes, Tinotenda Kadewere (Bruno Guimaraes), Karl Toko Ekambi, Houssem Aouar (Maxence Caqueret); Memphis Depay.
Pelatih: Rudi García

AS Monaco (4-3-3): Benjamin Lecomte; Ruben Aguilar, Benoit Badiashile, Axel Disasi, Djibril Sidibe (Caio Henrique); Youssouf Fofana, Florentino Luis (CESC Fabregas), Aurelien Tchouameni (Sofiane Diop); Wissam Ben Yedder, Stevan Jovetic (Chrislain Matsima), Gelson Martinez (Kevin Volland).
Pelatih: Niko Kovac

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2020