Tiga warga Kepulauan Tanimbar positif COVID-19

id COVID-19,Tanimbar

Tiga warga Kepulauan Tanimbar positif COVID-19

Kadis Kesehatan Tanimbar dr Edwin Tomasoa. (ANTARA/Simon Lolonlun)

Saumlaki (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar membenarkan tiga warga di kecamatan Tanimbar Selatan positif COVID-19 berdasarkan hasil tes usap atau swab.

Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Tanimbar, dr. Edwin Tomasoa menyatakan tiga orang tersebut masing-masing RL (perempuan 31 tahun), JY (laki-laki 70 tahun) dan IY (perempuan 41 tahun).

"Saat ini ada kasus terkonfirmasi positif tiga orang. Dengan data ini maka di Tanimbar sudah ada kasus penularan lokal. Bukan lagi kasus impor atau mereka yang melarikan diri dari luar daerah," kata Edwin di Saumlaki, Selasa.

Dia menjelaskan, tiga orang itu warga masyarakat Tanimbar yang tidak bepergian ke luar daerah, namun saat memeriksa kesehatan di rumah sakit dan dilakukan rapid test baru diperoleh hasil reaktif. Kemudian, dilakukan tes usap melalui laboratorium di Ambon.

Baca juga: Kadis Kesehatan: 29 pasien COVID-19 di Tanimbar sembuh

Baca juga: Pemkab Tanimbar kembali hentikan sementara transportasi laut dan udara


"Saat ini tim medis sedang melakukan contact tracing atau penelusuran kontak bagi tiga orang tersebut dengan keluarga dekatnya," katanya.

Menurut Edwin, di Tanimbar, orang yang terinfeksi diminta untuk merunut kegiatannya sejak timbul gejala penyakit dan jumlah orang yang telah mereka kunjungi atau kontak langsung, misalnya keluarga, teman, kerabat, kolega atau petugas kesehatan.

Kedua, mendaftarkan kontak. Dalam proses ini, siapapun yang telah melakukan kontak langsung dengan pasien positif akan didata.

Individu yang terinfeksi juga diberikan informasi mengapa perlu melakukan karantina mandiri pada tahap awal ini. Hal ini penting dilakukan untuk menghentikan penyebaran infeksi ke tingkat masyarakat.

"Hari ini dan esok kita tracking hingga Kamis. Setelah itu akan diusap dan dikirim ke Ambon untuk pemeriksaan laboratorium" katanya.*

Baca juga: Puluhan penumpang Sanus 34 tujuan Saumlaki-Maluku positif COVID-19

Baca juga: Satu positif, 248 penumpang KM Sanus-34 di Saumlaki-Maluku dites usap

Pewarta : Shariva Alaidrus
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar