Pangkalpinang (ANTARA News) - Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Bangka Belitung (Babel) Syamsudin Basari meminta berbagai elemen masyarakat untuk mengawasi aksi penyelundupan timah karena dapat merugikan daerah.

"Penyelundupan timah dari Babel ke daerah lain jelas merugikan daerah, saya mengajak berbagai elemen masyarakat membantu aparat kepolisian mengawasi aksi penyelundupan timah," katanya di Pangkalpinang, Kamis.

Hal itu dikemukakannya menyikapi berbagai kasus penyelundupan timah yang diungkap oleh aparat kepolisian di provinsi itu.

"Penyelundupan timah jelas hanya menguntungkan sepihak, daerah rugi karena tidak mendapatkan royalti dari penjualan timah tersebut," ujarnya.

Ia juga meminta sejumlah perusahaan pengolaan bijih timah di provinsi itu memberikan kontribusi maksimal terhadap daerah dan masyarakat Babel terutama dalam menjalankan kewajiban corporate social responsibility (CSR).

"Kami mengharapkan perusahaan bijih timah dapat memaparkan program kongkritnya kepada pemerintah daerah, sehingga kami dapat diketahui sejauh mana kontribusinya yang sudah diberikan kepada daerah terutama royalti dan CSR," ujarnya.

Menurut dia peran perusahaan bijih timah sangat menentukan kemajuan daeran dan masyarakat, terutama di sektor perekonomian.

"Cukup banyak perusahaan bijih timah di provinsi ini, kami mengharapkan mereka memberikan kontribusi maksimal dalam memajukan pembangunan daerah," ujarnya. (HDI/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010