YPA-MDR mengajak semua pihak yang terkait untuk turut mewujudkan generasi muda yang mandiri dan mampu membangun daerahnya.
Jakarta (ANTARA) - Yayasan Pendidikan Astra Michael D Ruslim (YPA-MDR) memberikan penghargaan pada kepala sekolah inspiratif, guru inspiratif dan siswa inspiratif bertepatan dengan peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2020.

“Implementasi webinar terbaik, sekolah dengan K3 Terbaik, Komite Sekolah Produktif dan Rumah Pintar serta Juara Umum Sekolah Binaan. Kategori Juara umum ini diberikan oleh YPA-MDR kepada Sekolah Binaan memenuhi semua aspek dalam pilar pembinaan yang kami lakukan,” ujar Ketua Pengurus YPA-MDR Herawati Prasetyo, dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

YPA-MDR mengajak semua pihak yang terkait untuk turut mewujudkan generasi muda yang mandiri dan mampu membangun daerahnya.

“Hal ini sesuai dengan butir pertama filosofi Catur Dharma kami yaitu “Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara” sebagaimana cita-cita para pendiri Astra yaitu 'Sejahtera Bersama Bangsa',” jelas dia.

Baca juga: Yayasan pendidikan Astra adakan seminar songsong era society 5.0

Selain itu, diselenggarakan Forum Komunikasi Sekolah Binaan (FKSB) VII dengan mengusung tema “Bangun Sikap Adaptif dan Inovatif, Hadapi Era Disruptif, Siapkan Generasi Cerdas” yang diselenggarakan secara virtual.

“Berbeda dengan tahun lalu, acara kali ini diselenggarkan secara virtual dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.”

Seiring dengan bertambahnya daerah binaan YPA-MDR dan mengingat situasi dan kondisi global yang dinamis maka sikap adaptif dan inovatif menjadi penting, untuk itu Forum Komunikasi Sekolah Binaan (FKSB) sangat perlu dan penting untuk diselenggarakan demi terjalin komunikasi dua arah dalam meningkatkan sinergitas yang baik antara YPA-MDR, Pemerintah dan Sekolah.

“Menapaki tahun ketujuh rangkaian penyelenggaraannya, kegiatannya ini diselenggarakan sebagai wadah dan forum untuk mendorong peningkatan kualitas dan prestasi sekolah binaan sehingga kemajuan pendidikan disuatu wilayah menjadi model di wilayah yang lainnya bahkan di daerah terdepan, terluar dan tertinggal dan pada gilirannya menjadi “Sekolah Kebangggaan Bangsa,” terang dia.

Pihaknya juga melakukan evaluasi pencapaian terhadap komitmen sekolah binaan yang telah dibuat tahun lalu dan juga pemaparan komitmen yang akan dilakukan oleh sekolah binaan pada 2021. Komitmen tersebut merupakan tanggung jawab sekolah yang harus dicapai selama satu tahun ke depan, sehingga harus disusun dan diimplementasikan dengan benar, yang disaksikan dan dapat didukung juga oleh Pemerintah Daerah dan Komite Sekolah binaan.

Baca juga: Astra memilih Kecamatan Gedangsari jadi sentra batik Yogyakarta

“Harapan kami, seluruh komitmen tersebut dapat meningkatkan kinerja, reputasi dan prestasi sekolah binaan sekaligus pencapaian prestasi Pemerintah Daerah di dunia pendidikan,” ujarnya.

Berikut peraih apresiasi FKSB Award 2020 YPA-MDR yaitu kepala sekolah inspiratif Sadar Slamet dari SD Jigudan DI Yogyakarta. Guru Inspiratif tingkat SD yakni Eva Zuniana Nurohmah SPd dari SD Ciren DI Yogyakarta. Guru Inspiratif tingkat SMP yakni Wilbrodus F Ch Milla dari SMPN 1 Rote Barat NTT dan Guru Inspiratif tingkat SMK yakni Yulifatin SPd MMPd dari SMK Negeri 2 Donorojo Jawa Timur.

Siswa inspiratif tingkat SD yakni Khoirunisa Eka Nur Faizah, siswa inspiratif tingkat SMP yakni Aprilia Indah Ayu Saputri, dan tingkat SMK yakni Nessatania Selfiani Widodo.

Berikutnya adalah sekolah dengan K3 terbaik adalah SD Ciren Bantul, SDN 2 Kalak Pacitan, dan SD Inpres Anda Iko Rote Ndao. Selanjutnya komite produktif yakni SMPN 4 Pandak, Bantul, SDN Ciren Bantul, dan SDN Hegarmanah Bogor.

Rumah Pintar Produktif yakni Rumah Pintar Ngalang. Sedangkan implementasi hasil webinar terbaik yakni Indra Prastowo, Yusniasih, dan Sri Nuryani Samsiatun Munawaroh. Juara umum diraih SDN Ciren DI Yogyakarta.

Baca juga: Kemendikbud umumkan pemenang video pembelajaran pada masa pandemi

Pewarta: Indriani
Editor: Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2020