Jakarta (ANTARA) - Tahun 2020 mungkin tidak seperti yang kita harapkan sebelumnya, namun di satu sisi, tahun ini telah mengajarkan kita untuk lebih mencintai diri sendiri, lebih memperhatikan orang yang dicintai, dan lebih bersyukur atas setiap pencapaian kecil.

Selain itu, tahun ini juga menjadi waktu yang tepat untuk bersatu dalam semangat dan hati, serta berfokus pada hal-hal yang memberikan kebahagiaan dan keceriaan.

Tidak ada salahnya melepas tahun 2020 dengan pemikiran yang positif sambil ditemani oleh berbagai film Indonesia yang membuat Anda mengenang masa kecil hingga terbuai dalam kisah cinta SMA yang menghasilkan berbagai perasaan dan pelajaran manis untuk menyongsong 2021.

Baca juga: Film dan serial favorit Obama sepanjang tahun 2020

Baca juga: Film "Quarantine Tales" tayang di Bioskop Online 18 Desember 2020


Mengenang masa kecil
Petualangan Sherina (HO/Netflix)


Situasi sulit seperti saat ini tidak jarang membuat terkenang akan masa lalu yang lebih ceria.

Oleh karena itu, "Petualangan Sherina" mungkin bisa menjadi tayangan yang tepat untuk melampiaskan kerinduan. Melihat Sherina dan Derby Romero bertengkar, bernyanyi, dan berbaikan akan membawa ke kenangan masa kecil dan melupakan sejenak permasalahan hidup.

Mencintai diri sendiri
Imperfect: Karier, Cinta, dan Timbangan (HO/Netflix)

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, namun yang terpenting adalah bagaimana bisa mencintai diri sendiri apa adanya.

 Film "Imperfect: Karier, Cinta, dan Timbangan" yang tayang di Netflix menceritakan seorang perempuan bernama Rara (Jessica Mila) yang harus menghadapi diskriminasi di tempat kerja karena bentuk tubuhnya. Karakter Rara memperlihatkan mencintai diri sendiri merupakan cara yang terbaik agar bisa hidup lebih bahagia.

Baca juga: Film "Generasi 90-an: Melankolia" tayang 24 Desember 2020

Baca juga: Film berperan dalam pembentukan karakter bangsa

Bernostalgia dengan kisah cinta zaman SMA
Dear Nathan (HO/Netflix)

Ada sesuatu yang menggemaskan ketika menyaksikan sebuah kisah cinta di sekolah.

Melihat upaya pendekatan dua anak muda yang saling jatuh cinta untuk pertama kalinya mampu membuat kita tersenyum-senyum sendiri dan mengingatkan kembali pada zaman SMA dulu.

Anda bisa bernostalgia ke tahun 1990-an bersama Dilan (Iqbaal Ramadhan) dan Milea (Vanesha Prescilla) di trilogi "Dilan", atau terbuai dalam drama SMA yang menyentuh bersama Nathan (Jefri Nichol) dan Salma (Amanda Rawles) di "Dear Nathan" dan "Dear Nathan Hello Salma".

Melepas tawa
Guru-Guru Gokil (HO/Netflix)

Ketika akhir tahun semakin dekat, Anda mungkin membutuhkan hiburan yang dapat membangkitkan semangat dan memperbaiki suasana hati.

Tayangan komedi seperti "Guru-Guru Gokil" dan Bucin bisa menjadi sumber tawa Anda dengan berbagai adegan dan dialognya yang mengocok perut.

Merasakan jatuh-bangun dalam cinta
Seperti Hujan yang Jatuh ke Bumi (HO/Netflix)


Bagi Anda yang sedang kasmaran di tahun ini dan ingin larut dalam kisah cinta yang menyentuh hati, coba saksikan dua sahabat Kevin (Jefri Nichol) dan Nara (Aurora Ribero) dalam film "Seperti Hujan yang Jatuh ke Bumi".

Film ini mengangkat aspek "friendzone" yang familiar, serta menggambarkan sulitnya menyatakan cinta. Selain itu, "Love for Sale" juga bisa mengajak Anda menyelami perasaan Richard (Gading Marten), seorang laki-laki yang jatuh cinta dalam sebuah situasi yang tidak diharapkan.

Cinta memang tidak selalu berakhir bahagia, namun semua orang dapat belajar dari perjuangan yang dilakukan untuk mempertahankannya.

Menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga
Cek Toko Sebelah (HO/Netflix)


Tahun 2020 juga mendorong kita untuk menghabiskan lebih banyak waktu berkualitas bersama anggota keluarga di rumah. Baik itu merapikan rumah maupun mengerjakan hal-hal yang mengasah kreativitas, segalanya terasa lebih seru dan menyenangkan jika dilakukan bersama orang-orang yang dicintai.

Film Indonesia seperti "Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini" dan "Cek Toko Sebelah" pun bisa menjadi tayangan yang dapat dinikmati dengan keluarga.

Berbangga dengan karya anak bangsa
Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak (HO/Netflix)


Hal lain yang dapat dilakukan untuk menutup tahun 2020 adalah memberikan apresiasi kepada industri film Indonesia yang semakin dikenal.

 Merupakan sebuah kebanggaan tersendiri ketika melihat cerita dan talenta lokal dinikmati oleh orang-orang dari mancanegara.

Anda bisa mencoba menyaksikan berbagai film pemenang penghargaan yang tak hanya sukses di tanah air namun juga di kancah internasional, seperti "Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak", "Athirah", "Fiksi.", "Humba Dreams", dan "Ave Maryam".

Baca juga: Skenario selesai digarap, "Petualangan Sherina 2" menuju casting

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020